Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya dan Mekanistik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Pangudi Luhur Salatiga Kelas VIII Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Utomo, Dedi Setyo |
---|---|
Other Authors: | Sutriyono, Ratu, Novisita |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7505 |
Daftar Isi:
- Belajar matematika tidak terlepas dengan apa yang namanya hasil belajar. Hasil belajar adalah salah satu alat ukur keberhasilan pada proses pembelajaran.Keberhasilan suatu proses pembelajaran dipengaruhi oleh faktor dari luar atau faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal yag mempengaruhi hasil belajar siswa adalah metode atau model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa Mengggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dan Mekanistik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Pangudi Luhur Salatiga Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan siswa kelas VIIIB SMP Pangudi Luhur Salatiga yang berjumlah 58 siswa. Pengambilan data diakukan dengan menggunakan instrument tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,019 < 0,050, ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran tutor sebaya dan model pembelajaran mekanistik.