Perbedaan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Menggunakan Manik-Manik Dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Menggunakan Boneka Garis Bilangan Dalam Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Iv Sd/Mi
Main Author: | Kartika Ratri, Pipit |
---|---|
Other Authors: | Ratu, Novisata, Wahyudi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3606 |
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar siswa karena siswa merasa bosan dengan materi yang diajarkan guru. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu menggunakan model pembelajaran yang inovatif dimana siswa senang dengan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada Perbedaan hasill belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan manik-manik dengan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) menggunakan boneka garis bilangan dalam operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SD/MI. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Klumpit Karanggede dan siswa kelas IV MI Reksosari 3. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dengan menggunakan alat peraga manik-manik dan boneka garis bilangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan test. Hasil t-hitung diperoleh sig. 0,03 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima artinya ada perbedaan yang signifikan dari hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Klumpit dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan manik-manik dan siswa kelas IV MI Reksosari 3 dengan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) menggunakan boneka garis bilangan. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar matematika menggunakan boneka garis bilangan lebih baik daripada hasil belajar matematika menggunakan manik-manik, perbedaan rata-rata kedua kelas adalah 12.61