Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dengan TPS (Think Pair Share) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Gugus Diponegoro Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Astesya, Martha
Other Authors: Wasitohadi, Rahayu, Theresia Sri
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/19119
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran TSTS dengan model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas V SD di Gugus Diponegoro Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan model pembelajaran TSTS dengan model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Quasi-experimen designs. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Mangunsari 03 dan seluruh siswa kelas V SDN Mangunsari 05. Siswa kelas V SDN Mangunsari 03 dengan jumlah siswa 31 sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas V SDN Mangunsari 05 dengan jumlah siswa 33 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Uji coba instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan hasil signifikansi data berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji perbedaan dua rata-rata menggunakan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan pada siswa kelas V SD Gugus Diponegoro dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan model pemebelajaran Think Pair Share. Hal ini terbukti dari hasil uji t dengan signifikansi 0,029 < 0,05 artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Selain hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa Ho ditolak, hasil rata-rata nilai posttest eksperimen 1 lebih tinggi dari hasil rata-rata nilai posttest eksperimen 2 mendukung hasil uji hipotesis yang menyatakan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan