Perbedaan Hasil Belajar Matematika yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) pada Materi Kubus dan Balok Kelas IV SD Negeri Sumogawe 01 Kecamatan Geta

Main Author: Hendra
Other Authors: Sutriyono, Alfriani, Silvia
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1874
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini merupakan eksperimental yang dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Sumogawe 01 Kecamatan Getasan. Uji t digunakan untuk menguji signifikansi perbedaan hasil belajar matematika diantara kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan diantara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL. Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL.