Upaya Meningkatkan Kosakata Melalui Metode Bernyanyi pada Kelompok B TK Satria Tunas Bangsa Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2014 -2015

Main Author: Misno
Other Authors: Widiastuti, Ajeng Ayu, Soemardjono Pm.
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16753
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas dilakukan pada anak kelompok A TK Satria Tunas Bangsa Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosakata anak menggunakan metode bernyanyi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan indikator: (1) Menirukan kembali 3-4 urutan kata (2) Menjawab pertanyaan sederhana (3) Mengenal suku huru awal dari nama benda yang ada disekitar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan observasi dengan menggunakan lembar observasi untuk mengukur kemampuan kosakata anak saat kegiatan bernyanyi. Peningkatan kemampuan kosakata anak di kelas terjadi secara bertahap. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kosakata anak melalui metode bernyanyi. Sebelum dilakukan tindakan mencapai 44%. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode bernyanyi, kosakata anak menunjukkan peningkatan yakni pada siklus I mencapai 61% dan siklus II peningkatan mencapai 83%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan metode bernyanyi dapat meningkatkan kosakata anak pada kelompok B TK Satria Tunas Bangsa Salatiga.