Upaya Meningkatkan Kosakata Melalui Metode Bernyanyi pada Kelompok B TK Satria Tunas Bangsa Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2014 -2015

Main Author: Misno
Other Authors: Widiastuti, Ajeng Ayu, Soemardjono Pm.
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16753
ctrlnum 123456789-16753
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Upaya Meningkatkan Kosakata Melalui Metode Bernyanyi pada Kelompok B TK Satria Tunas Bangsa Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2014 -2015</title><creator>Misno</creator><contributor>Widiastuti, Ajeng Ayu</contributor><contributor>Soemardjono Pm.</contributor><subject>Kosakata</subject><subject>Metode Bernyanyi</subject><subject>Anak TK Kelompok B</subject><description>Penelitian tindakan kelas dilakukan pada anak kelompok A TK Satria Tunas Bangsa Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosakata anak menggunakan metode bernyanyi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan indikator: (1) Menirukan kembali 3-4 urutan kata (2) Menjawab pertanyaan sederhana (3) Mengenal suku huru awal dari nama benda yang ada disekitar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan observasi dengan menggunakan lembar observasi untuk mengukur kemampuan kosakata anak saat kegiatan bernyanyi. Peningkatan kemampuan kosakata anak di kelas terjadi secara bertahap. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kosakata anak melalui metode bernyanyi. Sebelum dilakukan tindakan mencapai 44%. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode bernyanyi, kosakata anak menunjukkan peningkatan yakni pada siklus I mencapai 61% dan siklus II peningkatan mencapai 83%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan metode bernyanyi dapat meningkatkan kosakata anak pada kelompok B TK Satria Tunas Bangsa Salatiga.</description><date>2019-05-07T00:58:38Z</date><date>2019-05-07T00:58:38Z</date><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><identifier>272011048</identifier><identifier>16020828</identifier><identifier>http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16753</identifier><language>ind</language><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><type>File:application/pdf</type><publisher>Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP-UKSW</publisher><recordID>123456789-16753</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
File:application/pdf
File
author Misno
author2 Widiastuti, Ajeng Ayu
Soemardjono Pm.
title Upaya Meningkatkan Kosakata Melalui Metode Bernyanyi pada Kelompok B TK Satria Tunas Bangsa Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2014 -2015
publisher Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP-UKSW
publishDate 2019
topic Kosakata
Metode Bernyanyi
Anak TK Kelompok B
url http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16753
contents Penelitian tindakan kelas dilakukan pada anak kelompok A TK Satria Tunas Bangsa Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosakata anak menggunakan metode bernyanyi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan indikator: (1) Menirukan kembali 3-4 urutan kata (2) Menjawab pertanyaan sederhana (3) Mengenal suku huru awal dari nama benda yang ada disekitar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan observasi dengan menggunakan lembar observasi untuk mengukur kemampuan kosakata anak saat kegiatan bernyanyi. Peningkatan kemampuan kosakata anak di kelas terjadi secara bertahap. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kosakata anak melalui metode bernyanyi. Sebelum dilakukan tindakan mencapai 44%. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode bernyanyi, kosakata anak menunjukkan peningkatan yakni pada siklus I mencapai 61% dan siklus II peningkatan mencapai 83%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan metode bernyanyi dapat meningkatkan kosakata anak pada kelompok B TK Satria Tunas Bangsa Salatiga.
id IOS3115.123456789-16753
institution Universitas Kristen Satya Wacana
institution_id 295
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana
library_id 271
collection Institutional Repository of Satya Wacana Christian University
repository_id 3115
subject_area Agama
Ekonomi
Pendidikan
city KOTA SALATIGA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3115
first_indexed 2022-09-30T07:43:14Z
last_indexed 2022-09-30T07:43:14Z
recordtype dc
_version_ 1745381012199702528
score 17.538404