Profil Pemecahan Masalah Berbentuk Open Ended Berdasarkan Tahapan Polya pada Materi Pecahan Siswa SMP KelaS VII
Main Author: | Agustina, Ajeng |
---|---|
Other Authors: | Ratu, Novisita |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16025 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah berbentuk Open Ended berdasarkan tahapan Polya pada siswa SMP Negeri 3 Salatiga kelas VII pada materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tehnik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dan diperoleh tiga subjek yang diambil dari siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga dengan berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui profil pemecahan masalah berbentuk open ended berdasarkan tahapan Polya pada materi pokok pecahan. Hasil penelitian menunjukkan pada soal nomor satu subjek berkemampuan matematika tinggi dan sedang mampu menyelesaikan masalah namun dengan cara yang berbeda tetapi jawaban keduanya sama dan untuk tahapan Polya dari tahap menyususn rencana pemecahan dan melakukan rencana pemecahan masalah kedua subjek juga berbeda. Untuk soal nomor dua dan nomor tiga subjek berkemampuan matematika tinggi dan sedang mampu menyelesaikan masalah dengan cara dan jawaban yang berbeda pula, dan untuk tahapan Polya, tahap menyusun rencana pemecahan, melakukan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali pemecahan masalah juga berbeda. Sedangkan subjek berkamampuan matematika rendah tidak mampu menyelesaikan ketiga soal yang diberikan, karena pada tahapan Polya memahami masalah subjek tidak mampu.