Perbedaan Pengaruh antara Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar
Main Author: | Widyananti, Tri |
---|---|
Other Authors: | Suroso |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15953 |
Daftar Isi:
- Perubahan kurikulum memang dibenarkan dengan beberapa alasan. Berdasarkan kajian yang mendalam oleh suatu tim yang dibentuk oleh pemerintah, kurikulum dapat saja diubah. Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), ada tiga langkah pembelajarannya yaitu elaborasi, eksplorasi, dan konfirmasi. Sedangkan pada Kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran tematik integratif berbasis saintifik. Pendidikan IPA diarahkan untuk dipelajari dengan inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat digunakan melalui model pembelajaran Discovery Learning dan model Numbered Heads Together. Namun, melihat dari tingkat kemampuan berpikir siswa kelas rendah masih dalam tahap opersional konkret diduga tingkat kemampuan untuk menemukan sendiri jawaban atas permasalahan yang diajukan guru masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara penerapan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran Discovery Learning dan model Numbered Heads Together terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 3 SD Negeri 01 Bonyokan, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan adalah bentuk Pretest-Posttest, Non-equivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3A dan kelas 3B SD Negeri 01 Bonyokan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan teknik observasi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar soal tes. Sedangkan teknis analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji t dengan bantuan program SPSS 21 for windows. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran Discovery Learning dan model Numbered Heads Together terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 3 SD Negeri 01 Bonyokan tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil analisis uji t Independent Samples Test menunjukkan bahwa sig (2-tailed) sebesar 0,003 sedangkan kriteria berdasarkan signifikasi adalah lebih kecil dari 0.05 atau (0,003 < 0.05). Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen sebesar 84,17, sedangkan untuk kelompok kontrol sebesar 78,40.