Pengawasan Ombudsman Republik Indonesia dalam Rangka Pelayanan Publik yang Baik: Studi terhadap Rekomendasi-Rekomendasi Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2015
Main Author: | Setiawan, Guruh Agung |
---|---|
Other Authors: | Kurnia, Titon Slamet, Arsoyo, Tyas Tri |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/14699 |
Daftar Isi:
- Tesis ini bermaksud untuk mengulas kontribusi Ombudsman dalam mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang baik oleh pemerintah. Kontribusi tersebut akan difokuskan pada pandangan-pandangan/ pendapat-pendapat Ombudsman tentang pelayanan publik yang baik yang dituangkan dalam rekomendasi-rekomendasinya. Pandangan/ pendapat Ombudsman tersebut adalah pandangan/pendapat hukum in concreto, yaitu pandangan/pendapat hukum yang bersifat mengkonkretisasi makna pelayanan publik yang baik yang bersumber dari undang-undang. Pembahasan sebagaimana dimaksud akan diulas dalam beberapa bagian. Pertama adalah berkaitan dengan asas pelayanan publik yang baik. Di dalamnya akan dibahas mengenai asas negara hukum dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang baik dalam hukum. Selanjutnya, ialah terkait dengan pandangan Ombudsman DIY tentang Pelayanan Publik yang baik, baik itu sehubungan dengan fungsi Ombudsman dalam pengawasan pelayanan publik oleh pemerintah, pandangan Ombudsman DIY atas pelayanan publik yang baik, dan kemudian pada akhirnya mengenai konsep pelayanan publik yang baik menurut Ombudsman DIY.