Pengawasan Ombudsman Republik Indonesia dalam Rangka Pelayanan Publik yang Baik: Studi terhadap Rekomendasi-Rekomendasi Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2015

Main Author: Setiawan, Guruh Agung
Other Authors: Kurnia, Titon Slamet, Arsoyo, Tyas Tri
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/14699
Daftar Isi:
  • Tesis ini bermaksud untuk mengulas kontribusi Ombudsman dalam mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang baik oleh pemerintah. Kontribusi tersebut akan difokuskan pada pandangan-pandangan/ pendapat-pendapat Ombudsman tentang pelayanan publik yang baik yang dituangkan dalam rekomendasi-rekomendasinya. Pandangan/ pendapat Ombudsman tersebut adalah pandangan/pendapat hukum in concreto, yaitu pandangan/pendapat hukum yang bersifat mengkonkretisasi makna pelayanan publik yang baik yang bersumber dari undang-undang. Pembahasan sebagaimana dimaksud akan diulas dalam beberapa bagian. Pertama adalah berkaitan dengan asas pelayanan publik yang baik. Di dalamnya akan dibahas mengenai asas negara hukum dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang baik dalam hukum. Selanjutnya, ialah terkait dengan pandangan Ombudsman DIY tentang Pelayanan Publik yang baik, baik itu sehubungan dengan fungsi Ombudsman dalam pengawasan pelayanan publik oleh pemerintah, pandangan Ombudsman DIY atas pelayanan publik yang baik, dan kemudian pada akhirnya mengenai konsep pelayanan publik yang baik menurut Ombudsman DIY.