Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Benda Konkret pada Materi Pokok Menentukan Jaring-jaring Berbagai Bangun Ruang Sederhana Kelas V SD Negeri Ngijo 01
Main Author: | Hartono, Imanuel Nugroho Puji |
---|---|
Other Authors: | Sulistyowati |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1037 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media benda konkret pada materi pokok menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana siswa kelas V SD Negeri Ngijo 01. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD Negeri Ngijo 01 secara kolaboratif bersama guru kelas. Dalam penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. kelas V yang diteliti memiliki siswa yang berjumlah 29 anak terdiri dari 15 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa pada Siklus I dan II mengalami peningkatan dalam hasil belajar siswa. KKM yang ditentukan adalah 65, pada kondisi awal hanya 6 dari 29 siswa yang mendapat nilai di atas KKM. Kemudian setelah pelaksanaan Siklus I didapatkan 20 dari 29 siswa tuntas dengan persentase ketuntasan 68,96%. Untuk Siklus I diperoleh 29 siswa tuntas dengan persentase ketuntasan 100%. Nilai rata-rata hasil belajar Matematika siswa kelas V semula sebelum ada tindakan 50,75 kemudian pada Siklus I adalah 70,34 siswa masih ada 9 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Pada Siklus II seluruh siswa yaitu 29 siswa memperoleh nilai di atas KKM, dengan nilai rata-rata hasil belajar Matematika adalah 87,76. Saran yang diberikan adalah guru sebaiknya menggunakan media yang sesuai dengan kondisi siswa serta menarik perhatian dalam belajar. Penggunaan media benda konkret untuk pembelajaran matematika dalam materi pokok menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana baik untuk diterapkan dalam pembelajaran, atau dapat juga dengan melibatkan siswa untuk mencari benda-benda yang ada di sekitar lingkungan mereka tinggal sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan menarik, sehingga siswa mendapatkan pengalaman belajar mandiri, serta meningkatkan hasil belajar siswa.