PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI JARING-JARING BALOK DAN KUBUS MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTU MEDIA PAPERCRAFT PADA SISWA KELAS V SD 2 MLATI LOR KUDUS

Main Author: PRASETYA, YUSUF
Format: Bachelors NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/9427/1/COVER.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/
http://eprints.umk.ac.id
ctrlnum 9427
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9427/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI JARING-JARING BALOK DAN KUBUS MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTU MEDIA PAPERCRAFT PADA SISWA KELAS V &#xD; SD 2 MLATI LOR KUDUS</title><creator>PRASETYA, YUSUF</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD 2 Mlati Lor Kudus masih sangat rendah, nilai rata-rata klasikal 38,1 dengan persentase ketuntasan 15%. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Realistic Mathematics Education berbantu media papercraft untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, aktivitas belajar dan keterampilan guru pada materi jaring-jaring balok dan kubus siswa keals V SD Mlati Lor 2. &#xD; Kemampuan pemecahan masalah adalah strategi yang digunakan untuk mendorong siswa dalam menemukan cara mereka sendiri untuk memecahkan masalah. Realistic Mathematics Education adalah model pembelajaran yang berkait dengan benda-benda konkrit dan bisa juga dengan permasalahan sehari-hari yang dihadapi oleh siswa. Papercraft adalah seni merangkai kertas dengan teknik menggunting dan menempel.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Mlati Lor dengan subjek 28 siswa. Peneliti ini berlangsung selama 2 siklus menggunakan desain penelititan Kemmis dan Mc.Taggart dengan 2 pertemuan pada setiap siklus. Variabel bebas pada peneliti ini adalah menggunakan model Realistic Mathematics Education dan berbantu model papercraft. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan pemecahan masalah pra siklus sebesar 15%, meningkat disiklus I sebesar 32% dan pada siklus II meningkat sebesar 82%. Sedangkan pada aktivitas belajar siklus I sebesar 74% meningkat pada siklus II sebesar 84%. Pada keterampilan guru siklus I sebesar 71% meningkat pada siklus II sebesar 83%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model Realistic Mathematics Education berbantu media papercraft dapat menigkatkan kemampuan pemecahan masalah, keterampilan guru dan aktivitas belajar siswa.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa model Realistic Mathematic Education berbantu media papercraft dapat meingkatkan kemampuan pemecahan masalah, keterampilan guru dan aktivitas siswa. Saran dalam penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantu media papercraft agar proses pembelajaran menjadi menarik sehingga siswa dapat memecahkan masalah jaring-jaring balok dan kubus.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9427/1/COVER.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9427/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9427/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9427/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9427/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9427/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9427/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9427/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9427/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> PRASETYA, YUSUF (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI JARING-JARING BALOK DAN KUBUS MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTU MEDIA PAPERCRAFT PADA SISWA KELAS V SD 2 MLATI LOR KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9427</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author PRASETYA, YUSUF
title PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI JARING-JARING BALOK DAN KUBUS MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTU MEDIA PAPERCRAFT PADA SISWA KELAS V SD 2 MLATI LOR KUDUS
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9427/1/COVER.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9427/
http://eprints.umk.ac.id
contents Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD 2 Mlati Lor Kudus masih sangat rendah, nilai rata-rata klasikal 38,1 dengan persentase ketuntasan 15%. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Realistic Mathematics Education berbantu media papercraft untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, aktivitas belajar dan keterampilan guru pada materi jaring-jaring balok dan kubus siswa keals V SD Mlati Lor 2. Kemampuan pemecahan masalah adalah strategi yang digunakan untuk mendorong siswa dalam menemukan cara mereka sendiri untuk memecahkan masalah. Realistic Mathematics Education adalah model pembelajaran yang berkait dengan benda-benda konkrit dan bisa juga dengan permasalahan sehari-hari yang dihadapi oleh siswa. Papercraft adalah seni merangkai kertas dengan teknik menggunting dan menempel. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Mlati Lor dengan subjek 28 siswa. Peneliti ini berlangsung selama 2 siklus menggunakan desain penelititan Kemmis dan Mc.Taggart dengan 2 pertemuan pada setiap siklus. Variabel bebas pada peneliti ini adalah menggunakan model Realistic Mathematics Education dan berbantu model papercraft. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan pemecahan masalah pra siklus sebesar 15%, meningkat disiklus I sebesar 32% dan pada siklus II meningkat sebesar 82%. Sedangkan pada aktivitas belajar siklus I sebesar 74% meningkat pada siklus II sebesar 84%. Pada keterampilan guru siklus I sebesar 71% meningkat pada siklus II sebesar 83%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model Realistic Mathematics Education berbantu media papercraft dapat menigkatkan kemampuan pemecahan masalah, keterampilan guru dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa model Realistic Mathematic Education berbantu media papercraft dapat meingkatkan kemampuan pemecahan masalah, keterampilan guru dan aktivitas siswa. Saran dalam penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantu media papercraft agar proses pembelajaran menjadi menarik sehingga siswa dapat memecahkan masalah jaring-jaring balok dan kubus.
id IOS3090.9427
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
last_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
recordtype dc
_version_ 1765996284192227328
score 17.13294