PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTU PETA KONSEP PADA SIKAP ILMIAH SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Author: | YANUAR PUTRA, DHENNIS |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9374/1/1.%20Hal.%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/9374/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9374/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9374/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9374/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9374/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9374/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9374/8/Daftar%20Pustaka%20Tesis.pdf http://eprints.umk.ac.id/9374/9/Lampiran-Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/9374/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang (1) menemukan pengaruh Model Contextual Teaching and Learning pada sikap ilmiah siswa kelas IV sekolah dasar; (2) menemukan pengaruh Model Contextual Teaching and Learning berbantu peta konsep pada sikap ilmiah siswa kelas IV sekolah dasar; (3) menganalisis perbedaan yang signifikan antara Model Contextual Teaching and Learning dengan Model Contextual Teaching and Learning berbantu peta konsep pada sikap ilmiah siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis Eksperimen. Metode yang digunakan eksperimen ini adalah True Experimental Design dengan rancangan kelompok Posttest-Only Control Group Design. Sampel yang diambil peneliti adalah tiga kelas yaitu kelas kontrol, kelas ekperimen 01, dan kelas eksperimen 02 dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik observasi, angket dan dokumentasi. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan Uji t- test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Hasil analisis data menyatakan thitung>t tabel (2,664 > 2,024), maka Ha diterima; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu Peta Konsep pada Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Hasil analisis data menyatakan thitung>ttabel (4,469 >2,032); (3) Terdapat pebedaan antara Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu Peta Konsep pada Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, namun tidak signifikan. Hasil analisis data menyatakan thitung>ttabel (2,138 > 2,032)., maka Ha diterima. Namun hasil signifikannya memperoleh angka 0,40>0,025.