Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Mind Mapping pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Model Mind Mapping adalah cara paling efektif dan efisien untuk memasukkan, menyimpan, dan mengeluarkan data keotak. Mind Mapping merupakan salah satu cara mencatat materi pelajaran yang memudahkan peserta didik untuk belajar. Hasil belajar ialah saat terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah hasil belajar IPS dan keterampilan guru dengan diterapkannya model Mind Mapping padakelas IV SDN 02 Kriyan Jepara dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 02 Kriyan Jepara dengan subjek penelitian 14 siswadan guru yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Mind Mapping, sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar IPS materi perkembangan teknologiproduksi, komunikasi dan transportasi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindkaan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I 74,58% dengan kriteria baik meningkat menjadi 85,8% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar pada ranah kognitif pada siklus I memperoleh rata-rata 68,5 meningkat pada siklus II menjadi 78,57. Pada ranah afektif menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II yakni 71,25% dengan kriteria baik meningkat menjadi 82,12% dengan kriteria sangat baik, sedangkan pada ranah psikomotorik siklus I memperoleh persentase 69,28% dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 82,67% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Mind Mapping dapat meingkatkan keterampilanguru, hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi kelas IV SDN 2 Kriyan Jepara. Peneliti menyarankan agar siswa lebih meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran, serta guru lebih menguasai beberapa metode dan model pemeblajaran yang efektif, sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan secara kondusif dan inovatif yang dapat membuat pembelajaran IPS lebih menyenangkan