PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 2 KRIYAN JEPARA
Main Author: | DWI LESTARI, DEVI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9326/1/halaman%20judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/ http://eprints.umk.ac.id |
ctrlnum |
9326 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9326/</relation><title>PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN 
HASIL BELAJAR IPS SISWA 
KELAS IV SDN 2 KRIYAN JEPARA</title><creator>DWI LESTARI, DEVI</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil
belajar siswa dengan menerapkan model Mind Mapping pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial. 
Model Mind Mapping adalah cara paling efektif dan efisien untuk
memasukkan, menyimpan, dan mengeluarkan data keotak. Mind Mapping
merupakan salah satu cara mencatat materi pelajaran yang memudahkan peserta
didik untuk belajar. Hasil belajar ialah saat terjadinya perubahan tingkah laku
pada diri siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Hipotesis tindakan yang
diajukan adalah hasil belajar IPS dan keterampilan guru dengan diterapkannya
model Mind Mapping padakelas IV SDN 02 Kriyan Jepara dapat meningkat. 
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di
kelas IV SDN 02 Kriyan Jepara dengan subjek penelitian 14 siswadan guru yang
berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Mind Mapping,
sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar IPS materi perkembangan
teknologiproduksi, komunikasi dan transportasi. Metode pengumpulan data
berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari
tindkaan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. 
Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Mind Mapping
dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I
74,58% dengan kriteria baik meningkat menjadi 85,8% dengan kriteria sangat
baik. Hasil belajar pada ranah kognitif pada siklus I memperoleh rata-rata 68,5
meningkat pada siklus II menjadi 78,57. Pada ranah afektif menunjukkan
peningkatan dari siklus I ke siklus II yakni 71,25% dengan kriteria baik
meningkat menjadi 82,12% dengan kriteria sangat baik, sedangkan pada ranah
psikomotorik siklus I memperoleh persentase 69,28% dengan kriteria cukup
meningkat pada siklus II menjadi 82,67% dengan kriteria sangat baik. 
Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan
bahwa melalui penerapan model Mind Mapping dapat meingkatkan keterampilanguru, hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik pada mata 
pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan 
transportasi kelas IV SDN 2 Kriyan Jepara. Peneliti menyarankan agar siswa lebih 
meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran, serta guru lebih 
menguasai beberapa metode dan model pemeblajaran yang efektif, sehingga 
pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan secara kondusif dan inovatif yang 
dapat membuat pembelajaran IPS lebih menyenangkan</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9326/1/halaman%20judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9326/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9326/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9326/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9326/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9326/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9326/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9326/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9326/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> DWI LESTARI, DEVI (2018) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 2 KRIYAN JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9326</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
DWI LESTARI, DEVI |
title |
PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR IPS SISWA
KELAS IV SDN 2 KRIYAN JEPARA |
publishDate |
2018 |
topic |
Teori dan praktek pendidikan |
url |
http://eprints.umk.ac.id/9326/1/halaman%20judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9326/ http://eprints.umk.ac.id |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil
belajar siswa dengan menerapkan model Mind Mapping pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial.
Model Mind Mapping adalah cara paling efektif dan efisien untuk
memasukkan, menyimpan, dan mengeluarkan data keotak. Mind Mapping
merupakan salah satu cara mencatat materi pelajaran yang memudahkan peserta
didik untuk belajar. Hasil belajar ialah saat terjadinya perubahan tingkah laku
pada diri siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Hipotesis tindakan yang
diajukan adalah hasil belajar IPS dan keterampilan guru dengan diterapkannya
model Mind Mapping padakelas IV SDN 02 Kriyan Jepara dapat meningkat.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di
kelas IV SDN 02 Kriyan Jepara dengan subjek penelitian 14 siswadan guru yang
berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Mind Mapping,
sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar IPS materi perkembangan
teknologiproduksi, komunikasi dan transportasi. Metode pengumpulan data
berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari
tindkaan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Mind Mapping
dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I
74,58% dengan kriteria baik meningkat menjadi 85,8% dengan kriteria sangat
baik. Hasil belajar pada ranah kognitif pada siklus I memperoleh rata-rata 68,5
meningkat pada siklus II menjadi 78,57. Pada ranah afektif menunjukkan
peningkatan dari siklus I ke siklus II yakni 71,25% dengan kriteria baik
meningkat menjadi 82,12% dengan kriteria sangat baik, sedangkan pada ranah
psikomotorik siklus I memperoleh persentase 69,28% dengan kriteria cukup
meningkat pada siklus II menjadi 82,67% dengan kriteria sangat baik.
Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan
bahwa melalui penerapan model Mind Mapping dapat meingkatkan keterampilanguru, hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik pada mata
pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan
transportasi kelas IV SDN 2 Kriyan Jepara. Peneliti menyarankan agar siswa lebih
meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran, serta guru lebih
menguasai beberapa metode dan model pemeblajaran yang efektif, sehingga
pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan secara kondusif dan inovatif yang
dapat membuat pembelajaran IPS lebih menyenangkan |
id |
IOS3090.9326 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2019-05-05T14:26:57Z |
last_indexed |
2019-05-05T14:26:57Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996283580907520 |
score |
17.13294 |