Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil tes prasiklus menunjukkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah 44,52 dengan kriteria kurang dan ketuntasan belajar mencapai 7,69% dengan kriteria sangat kurang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan media Flipchart pada materi penyajian dan pengolahan data untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru di kelas IV SD 1 Prambatan Kidul. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Prambatan Kidul dengan subjek penelitian 26 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini menggunakan desain model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah adalah penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan media Flipchart, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siklus I yang memperoleh nilai rata-rata 71,80 (kriteria cukup) dengan persentase ketuntasan 53,85% (kriteria kurang) mengalami peningkatan pada siklus II yang memperoleh nilai rata-rata 87,75 (kriteria baik) dengan persentase ketuntasan 88,46% (kriteria sangat baik). Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siklus I memperoleh nilai optimum 66,25 (kriteria kurang) meningkat pada siklus II yang memperoleh nilai optimum 74,5 (kriteria cukup). Keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model Problem-Based Learning berbantuan media Flipchart pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,90 (kriteria baik) meningkat pada siklus II dengan memperoleh skor rata-rata 3,16 (kriteria baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan media Flipchart dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SD 1 Prambatan Kidul. Oleh karena itu, disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan media Flipchart sebagai salah satu model pembelajaran alternatif dalam melaksanakan pembelajaran.