ctrlnum 9311
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9311/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART</title><creator>ABDUL AZIZ, MUKHAMMAD</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil tes prasiklus menunjukkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah 44,52 dengan kriteria kurang dan ketuntasan belajar mencapai 7,69% dengan kriteria sangat kurang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan media Flipchart pada materi penyajian dan pengolahan data untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru di kelas IV SD 1 Prambatan Kidul.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Prambatan Kidul dengan subjek penelitian 26 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini menggunakan desain model Kemmis &amp; Mc Taggart. Penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah adalah penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan media Flipchart, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siklus I yang memperoleh nilai rata-rata 71,80 (kriteria cukup) dengan persentase ketuntasan 53,85% (kriteria kurang) mengalami peningkatan pada siklus II yang memperoleh nilai rata-rata 87,75 (kriteria baik) dengan persentase ketuntasan 88,46% (kriteria sangat baik). Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siklus I memperoleh nilai optimum 66,25 (kriteria kurang) meningkat pada siklus II yang memperoleh nilai optimum 74,5 (kriteria cukup). Keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model Problem-Based Learning berbantuan media Flipchart pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,90 (kriteria baik) meningkat pada siklus II dengan memperoleh skor rata-rata 3,16 (kriteria baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan media Flipchart dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SD 1 Prambatan Kidul. Oleh karena itu, disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan media Flipchart sebagai salah satu model pembelajaran alternatif dalam melaksanakan pembelajaran.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9311/1/Hal.%20Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9311/2/Bab%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9311/3/Bab%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9311/4/Bab%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9311/5/Bab%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9311/6/Bab%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9311/7/Bab%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9311/8/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9311/9/Lampiran.pdf</identifier><identifier> ABDUL AZIZ, MUKHAMMAD (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9311</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ABDUL AZIZ, MUKHAMMAD
title PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9311/1/Hal.%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9311/2/Bab%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9311/3/Bab%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9311/4/Bab%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9311/5/Bab%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9311/6/Bab%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9311/7/Bab%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9311/8/Daftar%20Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9311/9/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9311/
http://eprints.umk.ac.id
contents Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil tes prasiklus menunjukkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah 44,52 dengan kriteria kurang dan ketuntasan belajar mencapai 7,69% dengan kriteria sangat kurang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan media Flipchart pada materi penyajian dan pengolahan data untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru di kelas IV SD 1 Prambatan Kidul. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Prambatan Kidul dengan subjek penelitian 26 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini menggunakan desain model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah adalah penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan media Flipchart, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siklus I yang memperoleh nilai rata-rata 71,80 (kriteria cukup) dengan persentase ketuntasan 53,85% (kriteria kurang) mengalami peningkatan pada siklus II yang memperoleh nilai rata-rata 87,75 (kriteria baik) dengan persentase ketuntasan 88,46% (kriteria sangat baik). Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siklus I memperoleh nilai optimum 66,25 (kriteria kurang) meningkat pada siklus II yang memperoleh nilai optimum 74,5 (kriteria cukup). Keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model Problem-Based Learning berbantuan media Flipchart pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,90 (kriteria baik) meningkat pada siklus II dengan memperoleh skor rata-rata 3,16 (kriteria baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan media Flipchart dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SD 1 Prambatan Kidul. Oleh karena itu, disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan media Flipchart sebagai salah satu model pembelajaran alternatif dalam melaksanakan pembelajaran.
id IOS3090.9311
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
last_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
recordtype dc
_version_ 1765996283526381568
score 17.13294