PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA KARTU KELAS IV DI SDN TUMPANG KRASAK 03 KUDUS
Main Author: | RAHMAN, ARIF |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9292/1/HALAMAN_DEPAN.PDF http://eprints.umk.ac.id/9292/2/BAB_1.PDF http://eprints.umk.ac.id/9292/3/BAB_2.PDF http://eprints.umk.ac.id/9292/4/BAB_3.PDF http://eprints.umk.ac.id/9292/5/BAB_4.PDF http://eprints.umk.ac.id/9292/6/BAB_5.PDF http://eprints.umk.ac.id/9292/7/BAB_6.PDF http://eprints.umk.ac.id/9292/8/Daftar_Pustaka.PDF http://eprints.umk.ac.id/9292/9/LAMPIRAN.PDF http://eprints.umk.ac.id/9292/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis siswa dan aktivitas siswa dengan diterapkannya model think pair share berbantuan media kartu. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tumpang Krasak 03 Kudus. Model think pair share terdiri dari tiga tahap yakni berpikir (think), berkelompok (pairs), berbagi (share). Media kartu berbentuk persegi panjang, dapat dibuka dan didalamnya terdapat beberapa gambar sehingga dapat mempermudah dan membantu keterampilan menulis siswa dalam membuat pantun. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini think pair share dan media kartu. Variabel terikat adalah keterampilan menulis pantun. Metode pengumpulan data wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data didapatkan dari tindakan yang dilaksanakan dengan menganalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada prasiklus (36,8%) kategori rendah, tes keterampilan menulis pantun siklus I (42,1%) kategori sedang dan siklus II (68,42%) kategori tinggi, dengan rata-rata nilai prasiklus (69,31), siklus I (72,68), siklus II (77,78). Kemudian persentase skor aktivitas siswa siklus I 66,9 % kategori baik menjadi 78,3 % kategori baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis pantun dengan diterapkannya model think pair share berbantuan media kartu. Peneliti memberikan saran kepada siswa agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran. Bagi guru, model think pair share dapat dijadikan referensi dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Bagi sekolah, sebaiknya lebih memfasilitasi guru dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.