ctrlnum 9292
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9292/</relation><title>PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI&#xD; MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN&#xD; MEDIA KARTU KELAS IV DI SDN TUMPANG KRASAK 03 KUDUS</title><creator>RAHMAN, ARIF</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis siswa dan aktivitas siswa dengan diterapkannya model think pair share berbantuan media kartu. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tumpang Krasak 03 Kudus. &#xD; Model think pair share terdiri dari tiga tahap yakni berpikir (think), berkelompok (pairs), berbagi (share). Media kartu berbentuk persegi panjang, dapat dibuka dan didalamnya terdapat beberapa gambar sehingga dapat mempermudah dan membantu keterampilan menulis siswa dalam membuat pantun.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini think pair share dan media kartu. Variabel terikat adalah keterampilan menulis pantun. Metode pengumpulan data wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data didapatkan dari tindakan yang dilaksanakan dengan menganalisis secara kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan pada prasiklus (36,8%) kategori rendah, tes keterampilan menulis pantun siklus I (42,1%) kategori sedang dan siklus II (68,42%) kategori tinggi, dengan rata-rata nilai prasiklus (69,31), siklus I (72,68), siklus II (77,78). Kemudian persentase skor aktivitas siswa siklus I 66,9 % kategori baik menjadi 78,3 % kategori baik pada siklus II.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis pantun dengan diterapkannya model think pair share berbantuan media kartu. Peneliti memberikan saran kepada siswa agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran. Bagi guru, model think pair share dapat dijadikan referensi dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Bagi sekolah, sebaiknya lebih memfasilitasi guru dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9292/1/HALAMAN_DEPAN.PDF</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9292/2/BAB_1.PDF</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9292/3/BAB_2.PDF</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9292/4/BAB_3.PDF</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9292/5/BAB_4.PDF</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9292/6/BAB_5.PDF</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9292/7/BAB_6.PDF</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9292/8/Daftar_Pustaka.PDF</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9292/9/LAMPIRAN.PDF</identifier><identifier> RAHMAN, ARIF (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA KARTU KELAS IV DI SDN TUMPANG KRASAK 03 KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9292</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author RAHMAN, ARIF
title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA KARTU KELAS IV DI SDN TUMPANG KRASAK 03 KUDUS
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9292/1/HALAMAN_DEPAN.PDF
http://eprints.umk.ac.id/9292/2/BAB_1.PDF
http://eprints.umk.ac.id/9292/3/BAB_2.PDF
http://eprints.umk.ac.id/9292/4/BAB_3.PDF
http://eprints.umk.ac.id/9292/5/BAB_4.PDF
http://eprints.umk.ac.id/9292/6/BAB_5.PDF
http://eprints.umk.ac.id/9292/7/BAB_6.PDF
http://eprints.umk.ac.id/9292/8/Daftar_Pustaka.PDF
http://eprints.umk.ac.id/9292/9/LAMPIRAN.PDF
http://eprints.umk.ac.id/9292/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis siswa dan aktivitas siswa dengan diterapkannya model think pair share berbantuan media kartu. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tumpang Krasak 03 Kudus. Model think pair share terdiri dari tiga tahap yakni berpikir (think), berkelompok (pairs), berbagi (share). Media kartu berbentuk persegi panjang, dapat dibuka dan didalamnya terdapat beberapa gambar sehingga dapat mempermudah dan membantu keterampilan menulis siswa dalam membuat pantun. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini think pair share dan media kartu. Variabel terikat adalah keterampilan menulis pantun. Metode pengumpulan data wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data didapatkan dari tindakan yang dilaksanakan dengan menganalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada prasiklus (36,8%) kategori rendah, tes keterampilan menulis pantun siklus I (42,1%) kategori sedang dan siklus II (68,42%) kategori tinggi, dengan rata-rata nilai prasiklus (69,31), siklus I (72,68), siklus II (77,78). Kemudian persentase skor aktivitas siswa siklus I 66,9 % kategori baik menjadi 78,3 % kategori baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis pantun dengan diterapkannya model think pair share berbantuan media kartu. Peneliti memberikan saran kepada siswa agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran. Bagi guru, model think pair share dapat dijadikan referensi dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Bagi sekolah, sebaiknya lebih memfasilitasi guru dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
id IOS3090.9292
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
last_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
recordtype dc
_version_ 1765996283439349760
score 17.13294