Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Melalui model pembelajaran teams games tournament dan media pembelajaran flipchart pada materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan seseorang untuk menemukan solusi melalui suatu proses yang melibatkan pemerolehan dan pengorganisasian informasi dalam bentuk struktur pengetahuan.Model pembelajaran teams games tournament adalah model pembelajaran kooperatif yang terdiri atas beberapa siswa yang heterogen yang di dalamnya ada tugas kelompok, games, dan tournament. Media pembelajaran flipchart merupakan sebuah media lembar kertas yang besar yang kemudian dapat ditempelkan gambar-gambar konkret yang diberi tulisan disertai dengan warna-warna yang menarik yang sesuai dengan materi yang diberikan oleh guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 2 Buwaran yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah modelTGT berbantuan media flipchart dan variabel terikat adalah kemampuan pemecahan masalah, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik pengumpulan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model teams games tournamentberbantuan media flipchart sebagai berikut. (1) kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dari siklus I memperoleh rata-rata 74,7 baik (baik) dengan ketuntasan klasikal 70% pada siklus II meningkat dengan perolehan rata-rata 80,25 (sangat baik) dengan ketuntasan klasikal 90% pada siklus II. (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 2,52 (baik) mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan rata- rata 3,23 (sangat baik). (3) keterampilan guru pada siklus I memperoleh rata-rata 2,77 (baik) mengalami peningakatan pada siklus II dengan memperoleh rata-rata 3,5 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model teams games tournamentberbantuan media flipchart dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru pada pembelajaran IPA materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan kelas IV SD 2 Buaran. Saran yang diberikan yaitu hendaknya xi xii model teams games tournament dapat dijadikan alternatif model pembelejaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.