PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART KELAS IV SD 2 BUWARAN
Main Author: | JOHAN RIYADI, MOH |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9268/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/ http://eprints.umk.ac.id |
ctrlnum |
9268 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9268/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI 
HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN 
MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT 
BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART 
KELAS IV SD 2 BUWARAN</title><creator>JOHAN RIYADI, MOH</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan 
pemecahan masalah siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar 
guru. Melalui model pembelajaran teams games tournament dan media 
pembelajaran flipchart pada materi hubungan sumber daya alam dengan 
lingkungan 
Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan seseorang untuk 
menemukan solusi melalui suatu proses yang melibatkan pemerolehan dan 
pengorganisasian informasi dalam bentuk struktur pengetahuan.Model 
pembelajaran teams games tournament adalah model pembelajaran kooperatif 
yang terdiri atas beberapa siswa yang heterogen yang di dalamnya ada tugas 
kelompok, games, dan tournament. Media pembelajaran flipchart merupakan 
sebuah media lembar kertas yang besar yang kemudian dapat ditempelkan 
gambar-gambar konkret yang diberi tulisan disertai dengan warna-warna yang 
menarik yang sesuai dengan materi yang diberikan oleh guru. 
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian 
tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 2 Buwaran yang 
berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa 
perempuan.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah modelTGT berbantuan 
media flipchart dan variabel terikat adalah kemampuan pemecahan masalah, 
aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data 
dilakukan dengan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik 
analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik 
pengumpulan data kualitatif. 
Hasil penelitian menunjukkan setelah dilakukan pembelajaran 
menggunakan model teams games tournamentberbantuan media flipchart sebagai 
berikut. (1) kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dari siklus I 
memperoleh rata-rata 74,7 baik (baik) dengan ketuntasan klasikal 70% pada siklus 
II meningkat dengan perolehan rata-rata 80,25 (sangat baik) dengan ketuntasan 
klasikal 90% pada siklus II. (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh 
rata-rata 2,52 (baik) mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan rata-
rata 3,23 (sangat baik). (3) keterampilan guru pada siklus I memperoleh rata-rata 
2,77 (baik) mengalami peningakatan pada siklus II dengan memperoleh rata-rata 
3,5 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 
penerapan model teams games tournamentberbantuan media flipchart dapat 
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, aktivitas belajar siswa dan 
keterampilan guru pada pembelajaran IPA materi hubungan sumber daya alam 
dengan lingkungan kelas IV SD 2 Buaran. Saran yang diberikan yaitu hendaknya 
xi xii 

model teams games tournament dapat dijadikan alternatif model pembelejaran 
untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9268/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9268/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9268/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9268/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9268/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9268/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9268/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9268/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9268/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> JOHAN RIYADI, MOH (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART KELAS IV SD 2 BUWARAN. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9268</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
JOHAN RIYADI, MOH |
title |
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI
HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN
MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT
BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART
KELAS IV SD 2 BUWARAN |
publishDate |
2018 |
topic |
Teori dan praktek pendidikan |
url |
http://eprints.umk.ac.id/9268/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9268/ http://eprints.umk.ac.id |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan
pemecahan masalah siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar
guru. Melalui model pembelajaran teams games tournament dan media
pembelajaran flipchart pada materi hubungan sumber daya alam dengan
lingkungan
Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan seseorang untuk
menemukan solusi melalui suatu proses yang melibatkan pemerolehan dan
pengorganisasian informasi dalam bentuk struktur pengetahuan.Model
pembelajaran teams games tournament adalah model pembelajaran kooperatif
yang terdiri atas beberapa siswa yang heterogen yang di dalamnya ada tugas
kelompok, games, dan tournament. Media pembelajaran flipchart merupakan
sebuah media lembar kertas yang besar yang kemudian dapat ditempelkan
gambar-gambar konkret yang diberi tulisan disertai dengan warna-warna yang
menarik yang sesuai dengan materi yang diberikan oleh guru.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian
tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 2 Buwaran yang
berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa
perempuan.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah modelTGT berbantuan
media flipchart dan variabel terikat adalah kemampuan pemecahan masalah,
aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik
pengumpulan data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan setelah dilakukan pembelajaran
menggunakan model teams games tournamentberbantuan media flipchart sebagai
berikut. (1) kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dari siklus I
memperoleh rata-rata 74,7 baik (baik) dengan ketuntasan klasikal 70% pada siklus
II meningkat dengan perolehan rata-rata 80,25 (sangat baik) dengan ketuntasan
klasikal 90% pada siklus II. (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh
rata-rata 2,52 (baik) mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan rata-
rata 3,23 (sangat baik). (3) keterampilan guru pada siklus I memperoleh rata-rata
2,77 (baik) mengalami peningakatan pada siklus II dengan memperoleh rata-rata
3,5 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penerapan model teams games tournamentberbantuan media flipchart dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, aktivitas belajar siswa dan
keterampilan guru pada pembelajaran IPA materi hubungan sumber daya alam
dengan lingkungan kelas IV SD 2 Buaran. Saran yang diberikan yaitu hendaknya
xi xii
model teams games tournament dapat dijadikan alternatif model pembelejaran
untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. |
id |
IOS3090.9268 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2019-05-05T14:26:57Z |
last_indexed |
2019-05-05T14:26:57Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996283100659712 |
score |
17.13294 |