PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL) BERBANTUAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN 2 PESAGI
Main Author: | SHOLIKHAH, HIDAYATUS |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9235/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9235/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9235/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9235/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9235/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9235/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9235/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9235/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9235/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9235/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Contextual Teaching And Learning berbantuan media Pictorial Riddle pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi menghargai keputusan bersama. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah hasil belajar PKn dan keterampilan guru dengan diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching And Learning pada kelas V SD 2 Pesagi Pati dapat meningkat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbantuan media Pictorial Riddle, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn materi menghargai keputusan bersama. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbantuan media Pictorial Riddle dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari rata-rata persentase 74,58% (baik)menjadi 88,75%(sangat baik). Hasil belajar pada ranah kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 77,78% (baik)menjadi 88,89%(sangat baik). Hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 71,75% (baik)menjadi 82,49%(sangat baik). Hasil belajar pada ranah psikomotorik juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 62,07% (cukup)menjadi 82,49%(sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbantuan media Pictorial Riddle dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama kelas V SD 2 Pesagi.