ctrlnum 9235
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9235/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL) BERBANTUAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn&#xD; KELAS V SDN 2 PESAGI</title><creator>SHOLIKHAH, HIDAYATUS</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Contextual Teaching And Learning berbantuan media Pictorial Riddle pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi menghargai keputusan bersama.&#xD; Hipotesis tindakan yang diajukan adalah hasil belajar PKn dan keterampilan guru dengan diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching And Learning pada kelas V SD 2 Pesagi Pati dapat meningkat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbantuan media Pictorial Riddle, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn materi menghargai keputusan bersama. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbantuan media Pictorial Riddle dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari rata-rata persentase 74,58% (baik)menjadi 88,75%(sangat baik). Hasil belajar pada ranah kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 77,78% (baik)menjadi 88,89%(sangat baik). Hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 71,75% (baik)menjadi 82,49%(sangat baik). Hasil belajar pada ranah psikomotorik juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 62,07% (cukup)menjadi 82,49%(sangat baik).&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbantuan media Pictorial Riddle dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama kelas V SD 2 Pesagi.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9235/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9235/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9235/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9235/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9235/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9235/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9235/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9235/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9235/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SHOLIKHAH, HIDAYATUS (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL) BERBANTUAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN 2 PESAGI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9235</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SHOLIKHAH, HIDAYATUS
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL) BERBANTUAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN 2 PESAGI
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9235/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9235/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9235/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9235/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9235/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9235/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9235/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9235/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9235/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9235/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Contextual Teaching And Learning berbantuan media Pictorial Riddle pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi menghargai keputusan bersama. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah hasil belajar PKn dan keterampilan guru dengan diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching And Learning pada kelas V SD 2 Pesagi Pati dapat meningkat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbantuan media Pictorial Riddle, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn materi menghargai keputusan bersama. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbantuan media Pictorial Riddle dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari rata-rata persentase 74,58% (baik)menjadi 88,75%(sangat baik). Hasil belajar pada ranah kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 77,78% (baik)menjadi 88,89%(sangat baik). Hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 71,75% (baik)menjadi 82,49%(sangat baik). Hasil belajar pada ranah psikomotorik juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 62,07% (cukup)menjadi 82,49%(sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbantuan media Pictorial Riddle dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama kelas V SD 2 Pesagi.
id IOS3090.9235
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:26:51Z
last_indexed 2019-05-05T14:26:51Z
recordtype dc
_version_ 1765996282952810496
score 17.13294