Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini antara lain: 1. Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik role playing dalam meningkatkan perilaku beretika pada siswa kelas X IPS 2 di SMA N 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/2017. 2. Untuk meningkatkan perilaku beretika melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siswa kelas X IPS 2 SMA N 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Perilaku beretika berarti tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan. Bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan dan konseling yang diberikan dalam bentuk kelompok untuk membahas topik-topik masalah yang bersifat factual/ aktual yang menjadi kepedulian bersama dengan memanfaatkan dinamika kelompok yang dipimpin oleh pemimpin kelompok Jenis penelitian PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan, dan 4. Refleksi. Subjek penelitian adalah 8 siswa kelas X IPS 2 SMA N 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/ 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian Siklus I pada pertemuan pertama diperoleh skor 90 dengan rata-rata 11,25 dalam kategori kurang (K), pertemuan kedua diperoleh skor 95 dengan rata-rata 11,87 dalam kategori kurang (K) dan pertemuan ketiga diperoleh skor 104 dengan rata-rata 13 dalam kategori kurang (K). Sehingga keseluruhan hasil pada siklus I sebanyak 13,04 dalam kategori kurang (K). Siklus II pada pertemuan pertama diperoleh skor 138 dengan rata-rata 17,25 dalam kategori baik (B), pertemuan kedua diperoleh skor 154 dengan rata-rata 19,25 dalam kategori baik (B) dan pertemuan ketiga diperoleh skor 169 dengan rata-rata 21,12 dalam kategori sangat baik (SB). Pada siklus II keselurahan hasil yang diperoleh yaitu sebanyak 19,21 dan dalam kategori baik (B). Ada peningkatan sebesar 6,17 dari siklus I ke siklus II. Simpulan dari penelitian ini: 1. Aktivitas peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siklus I memperoleh skor 54,67 dalam kategori baik (B) dan siklus II memperoleh skor 73 dalam kategori sangat baik (SB). 2. Perilaku beretika pada siswa Kelas X IPS 2 di SMA N 2 Bae Kudus pada siklus I memperoleh skor 13,04 masuk dalam kategori kurang (K) dan siklus II memperoleh skor 19,21 masuk dalam kategori baik (B). Maka indikator keberhasilan sudah tercapai.