ctrlnum 8123
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Peningkatan Perilaku Beretika Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas X Ips 2 Di Sma N 2 Bae Kudus&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; </title><creator> Arinda, Novita Loviana</creator><subject>Konsultas dan konseling pendidikan</subject><description>Tujuan dalam penelitian ini antara lain: 1. Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik role playing dalam meningkatkan perilaku beretika pada siswa kelas X IPS 2 di SMA N 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/2017. 2. Untuk meningkatkan perilaku beretika melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siswa kelas X IPS 2 SMA N 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/2017.&#xD; Perilaku beretika berarti tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan. Bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan dan konseling yang diberikan dalam bentuk kelompok untuk membahas topik-topik masalah yang bersifat factual/ aktual yang menjadi kepedulian bersama dengan memanfaatkan dinamika kelompok yang dipimpin oleh pemimpin kelompok&#xD; Jenis penelitian PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan, dan 4. Refleksi. Subjek penelitian adalah 8 siswa kelas X IPS 2&#xD; SMA N 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/ 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif.&#xD; Hasil penelitian Siklus I pada pertemuan pertama diperoleh skor 90 dengan rata-rata 11,25 dalam kategori kurang (K), pertemuan kedua diperoleh skor 95 dengan rata-rata 11,87 dalam kategori kurang (K) dan pertemuan ketiga diperoleh skor 104 dengan rata-rata 13 dalam kategori kurang (K). Sehingga keseluruhan hasil pada siklus I sebanyak 13,04 dalam kategori kurang (K). Siklus II pada pertemuan pertama diperoleh skor 138 dengan rata-rata 17,25 dalam kategori baik (B), pertemuan kedua diperoleh skor 154 dengan rata-rata 19,25 dalam kategori baik (B) dan pertemuan ketiga diperoleh skor 169 dengan rata-rata&#xD; 21,12 dalam kategori sangat baik (SB). Pada siklus II keselurahan hasil yang diperoleh yaitu sebanyak 19,21 dan dalam kategori baik (B). Ada peningkatan sebesar 6,17 dari siklus I ke siklus II.&#xD; Simpulan dari penelitian ini: 1. Aktivitas peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siklus I memperoleh skor 54,67 dalam kategori baik (B) dan siklus II memperoleh skor 73 dalam kategori sangat baik (SB). 2. Perilaku beretika pada siswa Kelas X IPS 2 di SMA N 2 Bae Kudus pada siklus I memperoleh skor 13,04 masuk dalam kategori kurang (K) dan siklus II memperoleh skor 19,21 masuk dalam kategori baik (B). Maka indikator keberhasilan sudah tercapai.&#xD; </description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/1/NALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>Arinda, Novita Loviana (2017) Peningkatan Perilaku Beretika Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas X Ips 2 Di Sma N 2 Bae Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/8123/</relation><recordID>8123</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Arinda, Novita Loviana
title Peningkatan Perilaku Beretika Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas X Ips 2 Di Sma N 2 Bae Kudus
publishDate 2017
topic Konsultas dan konseling pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/8123/1/NALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8123/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8123/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8123/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8123/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8123/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8123/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8123/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/8123/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/8123/
contents Tujuan dalam penelitian ini antara lain: 1. Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik role playing dalam meningkatkan perilaku beretika pada siswa kelas X IPS 2 di SMA N 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/2017. 2. Untuk meningkatkan perilaku beretika melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siswa kelas X IPS 2 SMA N 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Perilaku beretika berarti tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan. Bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan dan konseling yang diberikan dalam bentuk kelompok untuk membahas topik-topik masalah yang bersifat factual/ aktual yang menjadi kepedulian bersama dengan memanfaatkan dinamika kelompok yang dipimpin oleh pemimpin kelompok Jenis penelitian PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan, dan 4. Refleksi. Subjek penelitian adalah 8 siswa kelas X IPS 2 SMA N 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/ 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian Siklus I pada pertemuan pertama diperoleh skor 90 dengan rata-rata 11,25 dalam kategori kurang (K), pertemuan kedua diperoleh skor 95 dengan rata-rata 11,87 dalam kategori kurang (K) dan pertemuan ketiga diperoleh skor 104 dengan rata-rata 13 dalam kategori kurang (K). Sehingga keseluruhan hasil pada siklus I sebanyak 13,04 dalam kategori kurang (K). Siklus II pada pertemuan pertama diperoleh skor 138 dengan rata-rata 17,25 dalam kategori baik (B), pertemuan kedua diperoleh skor 154 dengan rata-rata 19,25 dalam kategori baik (B) dan pertemuan ketiga diperoleh skor 169 dengan rata-rata 21,12 dalam kategori sangat baik (SB). Pada siklus II keselurahan hasil yang diperoleh yaitu sebanyak 19,21 dan dalam kategori baik (B). Ada peningkatan sebesar 6,17 dari siklus I ke siklus II. Simpulan dari penelitian ini: 1. Aktivitas peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siklus I memperoleh skor 54,67 dalam kategori baik (B) dan siklus II memperoleh skor 73 dalam kategori sangat baik (SB). 2. Perilaku beretika pada siswa Kelas X IPS 2 di SMA N 2 Bae Kudus pada siklus I memperoleh skor 13,04 masuk dalam kategori kurang (K) dan siklus II memperoleh skor 19,21 masuk dalam kategori baik (B). Maka indikator keberhasilan sudah tercapai.
id IOS3090.8123
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2018-02-19T22:32:06Z
last_indexed 2018-02-19T22:32:06Z
recordtype dc
_version_ 1765996277695250432
score 17.13294