Peningkatan Perilaku Beretika Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas X Ips 2 Di Sma N 2 Bae Kudus
ctrlnum |
8123 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Peningkatan Perilaku Beretika Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas X Ips 2 Di Sma N 2 Bae Kudus







</title><creator> Arinda, Novita Loviana</creator><subject>Konsultas dan konseling pendidikan</subject><description>Tujuan dalam penelitian ini antara lain: 1. Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik role playing dalam meningkatkan perilaku beretika pada siswa kelas X IPS 2 di SMA N 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/2017. 2. Untuk meningkatkan perilaku beretika melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siswa kelas X IPS 2 SMA N 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/2017.
Perilaku beretika berarti tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan. Bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan dan konseling yang diberikan dalam bentuk kelompok untuk membahas topik-topik masalah yang bersifat factual/ aktual yang menjadi kepedulian bersama dengan memanfaatkan dinamika kelompok yang dipimpin oleh pemimpin kelompok
Jenis penelitian PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan, dan 4. Refleksi. Subjek penelitian adalah 8 siswa kelas X IPS 2
SMA N 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/ 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian Siklus I pada pertemuan pertama diperoleh skor 90 dengan rata-rata 11,25 dalam kategori kurang (K), pertemuan kedua diperoleh skor 95 dengan rata-rata 11,87 dalam kategori kurang (K) dan pertemuan ketiga diperoleh skor 104 dengan rata-rata 13 dalam kategori kurang (K). Sehingga keseluruhan hasil pada siklus I sebanyak 13,04 dalam kategori kurang (K). Siklus II pada pertemuan pertama diperoleh skor 138 dengan rata-rata 17,25 dalam kategori baik (B), pertemuan kedua diperoleh skor 154 dengan rata-rata 19,25 dalam kategori baik (B) dan pertemuan ketiga diperoleh skor 169 dengan rata-rata
21,12 dalam kategori sangat baik (SB). Pada siklus II keselurahan hasil yang diperoleh yaitu sebanyak 19,21 dan dalam kategori baik (B). Ada peningkatan sebesar 6,17 dari siklus I ke siklus II.
Simpulan dari penelitian ini: 1. Aktivitas peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siklus I memperoleh skor 54,67 dalam kategori baik (B) dan siklus II memperoleh skor 73 dalam kategori sangat baik (SB). 2. Perilaku beretika pada siswa Kelas X IPS 2 di SMA N 2 Bae Kudus pada siklus I memperoleh skor 13,04 masuk dalam kategori kurang (K) dan siklus II memperoleh skor 19,21 masuk dalam kategori baik (B). Maka indikator keberhasilan sudah tercapai.
</description><date>2017-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/1/NALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/8123/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>Arinda, Novita Loviana (2017) Peningkatan Perilaku Beretika Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas X Ips 2 Di Sma N 2 Bae Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/8123/</relation><recordID>8123</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Arinda, Novita Loviana |
title |
Peningkatan Perilaku Beretika Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas X Ips 2 Di Sma N 2 Bae Kudus |
publishDate |
2017 |
topic |
Konsultas dan konseling pendidikan |
url |
http://eprints.umk.ac.id/8123/1/NALAMAN_JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/8123/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/8123/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/8123/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/8123/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/8123/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/8123/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/8123/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/8123/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/8123/ |
contents |
Tujuan dalam penelitian ini antara lain: 1. Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik role playing dalam meningkatkan perilaku beretika pada siswa kelas X IPS 2 di SMA N 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/2017. 2. Untuk meningkatkan perilaku beretika melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siswa kelas X IPS 2 SMA N 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/2017.
Perilaku beretika berarti tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan. Bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan dan konseling yang diberikan dalam bentuk kelompok untuk membahas topik-topik masalah yang bersifat factual/ aktual yang menjadi kepedulian bersama dengan memanfaatkan dinamika kelompok yang dipimpin oleh pemimpin kelompok
Jenis penelitian PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan, dan 4. Refleksi. Subjek penelitian adalah 8 siswa kelas X IPS 2
SMA N 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2016/ 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian Siklus I pada pertemuan pertama diperoleh skor 90 dengan rata-rata 11,25 dalam kategori kurang (K), pertemuan kedua diperoleh skor 95 dengan rata-rata 11,87 dalam kategori kurang (K) dan pertemuan ketiga diperoleh skor 104 dengan rata-rata 13 dalam kategori kurang (K). Sehingga keseluruhan hasil pada siklus I sebanyak 13,04 dalam kategori kurang (K). Siklus II pada pertemuan pertama diperoleh skor 138 dengan rata-rata 17,25 dalam kategori baik (B), pertemuan kedua diperoleh skor 154 dengan rata-rata 19,25 dalam kategori baik (B) dan pertemuan ketiga diperoleh skor 169 dengan rata-rata
21,12 dalam kategori sangat baik (SB). Pada siklus II keselurahan hasil yang diperoleh yaitu sebanyak 19,21 dan dalam kategori baik (B). Ada peningkatan sebesar 6,17 dari siklus I ke siklus II.
Simpulan dari penelitian ini: 1. Aktivitas peneliti dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siklus I memperoleh skor 54,67 dalam kategori baik (B) dan siklus II memperoleh skor 73 dalam kategori sangat baik (SB). 2. Perilaku beretika pada siswa Kelas X IPS 2 di SMA N 2 Bae Kudus pada siklus I memperoleh skor 13,04 masuk dalam kategori kurang (K) dan siklus II memperoleh skor 19,21 masuk dalam kategori baik (B). Maka indikator keberhasilan sudah tercapai.
|
id |
IOS3090.8123 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2018-02-19T22:32:06Z |
last_indexed |
2018-02-19T22:32:06Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996277695250432 |
score |
17.13294 |