Respon Siswa SD terhadap Pembelajaran Penemuan Berbantuan Alat Peraga pada Materi Volum Balok dan Kubus

Main Author: Purwaningrum, Jayanti Putri
Format: Article PeerReviewed Image application/pdf
Terbitan: Universitas Pasundan , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/7316/1/1._Cover_Depan.jpg
http://eprints.umk.ac.id/7316/2/2._DAFTAR_ISI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7316/3/3._ARTIKEL_JURNAL.pdf
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas
http://eprints.umk.ac.id/7316/
Daftar Isi:
  • Guru di SD N 4 Puyoh Kabupaten Kudus jarang melakukan proses pembelajaran melalui pembelajaran penemuan berbantuan alat peraga pada materi Volum Balok dan Kubus. Hal ini disebabkan, mereka terbiasa menggunakan metode pembelajaran ekspositori dimana lebih menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari guru ke siswa. Dengan demikian, respon dari siswa dalam pembelajaran penemuan tersebut perlu untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa Sekolah Dasar terhadap pembelajaran matematika melalui pembelajaran penemuan berbantuan alat peraga. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dimana subjek penelitiannya adalah sembilan belas siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket, lembar observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan respon positif tehadap pembelajaran matematika yang menggunakan pembelajaran penemuan berbantuan alat peraga dengan persentase rata-rata siswa yang merespon positif 82,11%. Selain itu, aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang menggunakan pembelajaran penemuanberbantuan alat peraga bagus dengan persentase rata-rata aktivitas siswa 83%.