Respon Siswa SD terhadap Pembelajaran Penemuan Berbantuan Alat Peraga pada Materi Volum Balok dan Kubus

Main Author: Purwaningrum, Jayanti Putri
Format: Article PeerReviewed Image application/pdf
Terbitan: Universitas Pasundan , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/7316/1/1._Cover_Depan.jpg
http://eprints.umk.ac.id/7316/2/2._DAFTAR_ISI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7316/3/3._ARTIKEL_JURNAL.pdf
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas
http://eprints.umk.ac.id/7316/
ctrlnum 7316
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Respon Siswa SD terhadap Pembelajaran Penemuan Berbantuan Alat Peraga pada Materi Volum Balok dan Kubus&#xD; </title><creator>Purwaningrum, Jayanti Putri </creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><subject>Pendidikan dasar</subject><subject>Matematika</subject><description>Guru di SD N 4 Puyoh Kabupaten Kudus jarang melakukan proses pembelajaran melalui pembelajaran penemuan berbantuan alat peraga pada materi Volum Balok dan Kubus. Hal ini disebabkan, mereka terbiasa menggunakan metode pembelajaran ekspositori dimana lebih menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari guru ke siswa. Dengan demikian, respon dari siswa dalam pembelajaran penemuan tersebut perlu untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa Sekolah Dasar terhadap pembelajaran matematika melalui pembelajaran penemuan berbantuan alat peraga. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dimana subjek penelitiannya adalah sembilan belas siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket, lembar observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan respon positif tehadap pembelajaran matematika yang menggunakan pembelajaran penemuan berbantuan alat peraga dengan persentase rata-rata siswa yang merespon positif 82,11%. Selain itu, aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang menggunakan pembelajaran penemuanberbantuan alat peraga bagus dengan persentase rata-rata aktivitas siswa 83%.&#xD; &#xD; </description><publisher>Universitas Pasundan</publisher><date>2016-12</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Image:Image</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7316/1/1._Cover_Depan.jpg</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7316/2/2._DAFTAR_ISI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/7316/3/3._ARTIKEL_JURNAL.pdf</identifier><relation>https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas</relation><identifier>Purwaningrum, Jayanti Putri (2016) Respon Siswa SD terhadap Pembelajaran Penemuan Berbantuan Alat Peraga pada Materi Volum Balok dan Kubus. Jurnal Pendas: jurnal ilmiah pendidikan dasar, 1 (1). pp. 141-151. ISSN 2548-6950</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/7316/</relation><recordID>7316</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Image:Image
Image
File:application/pdf
File
author Purwaningrum, Jayanti Putri
title Respon Siswa SD terhadap Pembelajaran Penemuan Berbantuan Alat Peraga pada Materi Volum Balok dan Kubus
publisher Universitas Pasundan
publishDate 2016
topic Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan dasar
Matematika
url http://eprints.umk.ac.id/7316/1/1._Cover_Depan.jpg
http://eprints.umk.ac.id/7316/2/2._DAFTAR_ISI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/7316/3/3._ARTIKEL_JURNAL.pdf
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas
http://eprints.umk.ac.id/7316/
contents Guru di SD N 4 Puyoh Kabupaten Kudus jarang melakukan proses pembelajaran melalui pembelajaran penemuan berbantuan alat peraga pada materi Volum Balok dan Kubus. Hal ini disebabkan, mereka terbiasa menggunakan metode pembelajaran ekspositori dimana lebih menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari guru ke siswa. Dengan demikian, respon dari siswa dalam pembelajaran penemuan tersebut perlu untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa Sekolah Dasar terhadap pembelajaran matematika melalui pembelajaran penemuan berbantuan alat peraga. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dimana subjek penelitiannya adalah sembilan belas siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket, lembar observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan respon positif tehadap pembelajaran matematika yang menggunakan pembelajaran penemuan berbantuan alat peraga dengan persentase rata-rata siswa yang merespon positif 82,11%. Selain itu, aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang menggunakan pembelajaran penemuanberbantuan alat peraga bagus dengan persentase rata-rata aktivitas siswa 83%.
id IOS3090.7316
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2017-08-19T23:55:51Z
last_indexed 2017-08-19T23:55:51Z
recordtype dc
_version_ 1765996272825663488
score 17.13294