Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswadanmendeskripsikanketerampilan guru dalammenerapkan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide padapembelajaran IPS siswakelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus. Hasil belajaradalahhasil perubahan tingkah laku yang dihasilkan seseorang dari pengalaman yang diperoleh melalui proses belajar meliputipengetahuan (aspek kognitif), sikap (aspekafektif), danketerampilan (aspekpsikomotorik). Model pembelajaranexample non example adalahmodel pembelajaran yang berfokuspadapenggunaankelompokkecilsiswauntukbekerjasamadenganmenggunakancontoh-contoh yang dapatdiperolehdarikasusataugambar yang relevan. Media slide adalah halaman yang berisikan objek teks, gambar, grafik, video, suara dan objek-objek lainnya yang terdapat pada microsoft power point yang dapat menyajikan materi kegiatan ekonomi dan sumber daya alam sesuai desain atau rancangan yang telah dioperasikan secara manual, remote kontrol (dari jarak tertentu) atau secara sunc-tape (operasi secara otomatis bersama dengan suara). Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus dengansubjekpenelitianjumlah 24 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasadalah model pembelajaranexample non example.Sedangkanvariabelterikatadalahhasilbelajar IPS.Instrumenpenelitianiniadalahwawancara, observasi, dokumentasi, dantes.Analisis data yang digunakanmerupakananalisis data deskriptifkualitatif. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasannilaihasilbelajar IPS siswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamyaituaspekkognitifpadasiklus I (58,33%) meningkatpadasiklus II (91,67%), aspekafektifpadasiklus I 58,74% (cukup) meningkatpadasiklus II 71,66% (baik) danaspekpsikomotorikpadasiklus I 57,94% (cukup) meningkatpadasiklus II 70,7% (baik). Keterampilan guru model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide jugamengalamipeningkatanpadasiklus I 63,81% (baik) meningkatpadasiklus II 80,91% (baik). Hal itumembuktikanbahwapenggunaan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamkelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus dapatdisimpulkanbahwapenggunaan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamkelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus. Untukitudisarankandalammenerapkan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide adalahdenganmembangkitkanaktivitassiswa agar dapatmeningkatkanhasilbelajar.