Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Berbantuan Media Slide
Main Author: | FITRI ANA, DEWI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/4636/1/Halaman_Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/4636/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/4636/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/4636/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/4636/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/4636/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/4636/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/4636/8/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/4636/9/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/4636/ |
ctrlnum |
4636 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Melalui
Model Pembelajaran Example Non Example
Dengan Berbantuan Media Slide
</title><creator> FITRI ANA, DEWI</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswadanmendeskripsikanketerampilan guru dalammenerapkan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide padapembelajaran IPS siswakelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus.
Hasil belajaradalahhasil perubahan tingkah laku yang dihasilkan seseorang dari pengalaman yang diperoleh melalui proses belajar meliputipengetahuan (aspek kognitif), sikap (aspekafektif), danketerampilan (aspekpsikomotorik). Model pembelajaranexample non example adalahmodel pembelajaran yang berfokuspadapenggunaankelompokkecilsiswauntukbekerjasamadenganmenggunakancontoh-contoh yang dapatdiperolehdarikasusataugambar yang relevan. Media slide adalah halaman yang berisikan objek teks, gambar, grafik, video, suara dan objek-objek lainnya yang terdapat pada microsoft power point yang dapat menyajikan materi kegiatan ekonomi dan sumber daya alam sesuai desain atau rancangan yang telah dioperasikan secara manual, remote kontrol (dari jarak tertentu) atau secara sunc-tape (operasi secara otomatis bersama dengan suara). 
Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus dengansubjekpenelitianjumlah 24 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasadalah model pembelajaranexample non example.Sedangkanvariabelterikatadalahhasilbelajar IPS.Instrumenpenelitianiniadalahwawancara, observasi, dokumentasi, dantes.Analisis data yang digunakanmerupakananalisis data deskriptifkualitatif.
Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasannilaihasilbelajar IPS siswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamyaituaspekkognitifpadasiklus I (58,33%) meningkatpadasiklus II (91,67%), aspekafektifpadasiklus I 58,74% (cukup) meningkatpadasiklus II 71,66% (baik) danaspekpsikomotorikpadasiklus I 57,94% (cukup) meningkatpadasiklus II 70,7% (baik). Keterampilan guru model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide jugamengalamipeningkatanpadasiklus I 63,81% (baik) meningkatpadasiklus II 80,91% (baik). Hal itumembuktikanbahwapenggunaan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamkelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus.
Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus dapatdisimpulkanbahwapenggunaan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamkelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus. Untukitudisarankandalammenerapkan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide adalahdenganmembangkitkanaktivitassiswa agar dapatmeningkatkanhasilbelajar.

</description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/1/Halaman_Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/8/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/9/Lampiran.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>FITRI ANA, DEWI (2015) Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Berbantuan Media Slide. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/4636/</relation><recordID>4636</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
FITRI ANA, DEWI |
title |
Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Melalui
Model Pembelajaran Example Non Example
Dengan Berbantuan Media Slide |
publishDate |
2015 |
topic |
Pendidikan (Umum) |
url |
http://eprints.umk.ac.id/4636/1/Halaman_Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/4636/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/4636/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/4636/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/4636/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/4636/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/4636/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/4636/8/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/4636/9/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/4636/ |
contents |
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswadanmendeskripsikanketerampilan guru dalammenerapkan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide padapembelajaran IPS siswakelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus.
Hasil belajaradalahhasil perubahan tingkah laku yang dihasilkan seseorang dari pengalaman yang diperoleh melalui proses belajar meliputipengetahuan (aspek kognitif), sikap (aspekafektif), danketerampilan (aspekpsikomotorik). Model pembelajaranexample non example adalahmodel pembelajaran yang berfokuspadapenggunaankelompokkecilsiswauntukbekerjasamadenganmenggunakancontoh-contoh yang dapatdiperolehdarikasusataugambar yang relevan. Media slide adalah halaman yang berisikan objek teks, gambar, grafik, video, suara dan objek-objek lainnya yang terdapat pada microsoft power point yang dapat menyajikan materi kegiatan ekonomi dan sumber daya alam sesuai desain atau rancangan yang telah dioperasikan secara manual, remote kontrol (dari jarak tertentu) atau secara sunc-tape (operasi secara otomatis bersama dengan suara).
Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus dengansubjekpenelitianjumlah 24 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasadalah model pembelajaranexample non example.Sedangkanvariabelterikatadalahhasilbelajar IPS.Instrumenpenelitianiniadalahwawancara, observasi, dokumentasi, dantes.Analisis data yang digunakanmerupakananalisis data deskriptifkualitatif.
Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasannilaihasilbelajar IPS siswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamyaituaspekkognitifpadasiklus I (58,33%) meningkatpadasiklus II (91,67%), aspekafektifpadasiklus I 58,74% (cukup) meningkatpadasiklus II 71,66% (baik) danaspekpsikomotorikpadasiklus I 57,94% (cukup) meningkatpadasiklus II 70,7% (baik). Keterampilan guru model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide jugamengalamipeningkatanpadasiklus I 63,81% (baik) meningkatpadasiklus II 80,91% (baik). Hal itumembuktikanbahwapenggunaan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamkelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus.
Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus dapatdisimpulkanbahwapenggunaan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamkelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus. Untukitudisarankandalammenerapkan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide adalahdenganmembangkitkanaktivitassiswa agar dapatmeningkatkanhasilbelajar.
|
id |
IOS3090.4636 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2016-09-22T19:12:01Z |
last_indexed |
2017-04-08T05:25:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996256533938176 |
score |
16.845257 |