ctrlnum 4636
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Melalui&#xD; Model Pembelajaran Example Non Example&#xD; Dengan Berbantuan Media Slide&#xD; </title><creator> FITRI ANA, DEWI</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswadanmendeskripsikanketerampilan guru dalammenerapkan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide padapembelajaran IPS siswakelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus.&#xD; Hasil belajaradalahhasil perubahan tingkah laku yang dihasilkan seseorang dari pengalaman yang diperoleh melalui proses belajar meliputipengetahuan (aspek kognitif), sikap (aspekafektif), danketerampilan (aspekpsikomotorik). Model pembelajaranexample non example adalahmodel pembelajaran yang berfokuspadapenggunaankelompokkecilsiswauntukbekerjasamadenganmenggunakancontoh-contoh yang dapatdiperolehdarikasusataugambar yang relevan. Media slide adalah halaman yang berisikan objek teks, gambar, grafik, video, suara dan objek-objek lainnya yang terdapat pada microsoft power point yang dapat menyajikan materi kegiatan ekonomi dan sumber daya alam sesuai desain atau rancangan yang telah dioperasikan secara manual, remote kontrol (dari jarak tertentu) atau secara sunc-tape (operasi secara otomatis bersama dengan suara). &#xD; Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus dengansubjekpenelitianjumlah 24 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasadalah model pembelajaranexample non example.Sedangkanvariabelterikatadalahhasilbelajar IPS.Instrumenpenelitianiniadalahwawancara, observasi, dokumentasi, dantes.Analisis data yang digunakanmerupakananalisis data deskriptifkualitatif.&#xD; Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasannilaihasilbelajar IPS siswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamyaituaspekkognitifpadasiklus I (58,33%) meningkatpadasiklus II (91,67%), aspekafektifpadasiklus I 58,74% (cukup) meningkatpadasiklus II 71,66% (baik) danaspekpsikomotorikpadasiklus I 57,94% (cukup) meningkatpadasiklus II 70,7% (baik). Keterampilan guru model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide jugamengalamipeningkatanpadasiklus I 63,81% (baik) meningkatpadasiklus II 80,91% (baik). Hal itumembuktikanbahwapenggunaan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamkelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus.&#xD; Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus dapatdisimpulkanbahwapenggunaan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamkelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus. Untukitudisarankandalammenerapkan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide adalahdenganmembangkitkanaktivitassiswa agar dapatmeningkatkanhasilbelajar.&#xD; &#xD; </description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/1/Halaman_Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/8/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4636/9/Lampiran.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>FITRI ANA, DEWI (2015) Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Berbantuan Media Slide. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/4636/</relation><recordID>4636</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author FITRI ANA, DEWI
title Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Berbantuan Media Slide
publishDate 2015
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/4636/1/Halaman_Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4636/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4636/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4636/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4636/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4636/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4636/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4636/8/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4636/9/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/4636/
contents Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswadanmendeskripsikanketerampilan guru dalammenerapkan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide padapembelajaran IPS siswakelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus. Hasil belajaradalahhasil perubahan tingkah laku yang dihasilkan seseorang dari pengalaman yang diperoleh melalui proses belajar meliputipengetahuan (aspek kognitif), sikap (aspekafektif), danketerampilan (aspekpsikomotorik). Model pembelajaranexample non example adalahmodel pembelajaran yang berfokuspadapenggunaankelompokkecilsiswauntukbekerjasamadenganmenggunakancontoh-contoh yang dapatdiperolehdarikasusataugambar yang relevan. Media slide adalah halaman yang berisikan objek teks, gambar, grafik, video, suara dan objek-objek lainnya yang terdapat pada microsoft power point yang dapat menyajikan materi kegiatan ekonomi dan sumber daya alam sesuai desain atau rancangan yang telah dioperasikan secara manual, remote kontrol (dari jarak tertentu) atau secara sunc-tape (operasi secara otomatis bersama dengan suara). Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus dengansubjekpenelitianjumlah 24 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasadalah model pembelajaranexample non example.Sedangkanvariabelterikatadalahhasilbelajar IPS.Instrumenpenelitianiniadalahwawancara, observasi, dokumentasi, dantes.Analisis data yang digunakanmerupakananalisis data deskriptifkualitatif. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasannilaihasilbelajar IPS siswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamyaituaspekkognitifpadasiklus I (58,33%) meningkatpadasiklus II (91,67%), aspekafektifpadasiklus I 58,74% (cukup) meningkatpadasiklus II 71,66% (baik) danaspekpsikomotorikpadasiklus I 57,94% (cukup) meningkatpadasiklus II 70,7% (baik). Keterampilan guru model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide jugamengalamipeningkatanpadasiklus I 63,81% (baik) meningkatpadasiklus II 80,91% (baik). Hal itumembuktikanbahwapenggunaan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamkelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus dapatdisimpulkanbahwapenggunaan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamaterikegiatanekonomidansumberdayaalamkelas IV SD 1 JepangMejobo Kudus. Untukitudisarankandalammenerapkan model pembelajaranexample non exampledenganberbantuan media slide adalahdenganmembangkitkanaktivitassiswa agar dapatmeningkatkanhasilbelajar.
id IOS3090.4636
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:12:01Z
last_indexed 2017-04-08T05:25:46Z
recordtype dc
_version_ 1765996256533938176
score 16.845257