Daftar Isi:
  • Wawancarapenelititerhadap guru BK danhasilpengamatandengansiswakelas XI TKJ2 SMK MambaulFalah Kudus padatanggal10-12 Februari 2014 ditemukanadasebagiansiswa yang memilikitingkatsolidaritastemansebaya yang rendahsepertiacuhtakacuhterhadappermasalahanteman, tidakmaumembatuteman yang kesusahandantidakikhlasmembantuteman. Rumusanmasalah: Bagaimanapenerapanlayanan bimbingan kelompok tekniksosiodramadalammeningkatkan solidaritastemansebayapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalahKudus TahunPelajaran 2013/2014?. Tujuanpenelitian: 1. Mendeskripsikansolidaritastemansebayasebelumdansetelahpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodrama. 2. Menemukanseberapabesarpeningkatansolidaritastemansebayasebelumdansetelahpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodrama. Kegunaanpenelitian: 1. KegunaanTeoretis: Menambahkhasanahpustaka. 2. KegunaanPraktis: a. Sebagaiacuankepalasekolahdalammenentukankebijakandalampelaksanaanbimbingandankonseling di sekolah. b. Konselordapatmemberikanlayananbimbingankelompokmelaluitekniksosiodramauntukmeningkatkansolidaritastemansebaya. c. Siswadapatmeningkatkansolidaritasterhadaptemansebaya di sekolah. d. Penelitidapatmemanfaatkanhasilpenelitiansebagaisumberreferensikajianteoretisdalampenelitianlebihlanjut. e. Sebagaiacuanwalikelasdalammemonitoringtingkatsolidaritassiswa. Ruanglingkuppenelitianmencakupsolidaritastemansebayadanpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus TahunPelajaran 2013/2014.HipotesispenelitianAda peningkatansolidaritastemansebaya, setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus tahunpelajaran 2013/2014. Jenispenelitiankualitatifdeskriptifdenganpendekatan PTBKdalamduasiklus. Bertempat di SMK MambaulFalah Kudus, subyekpenelitian 10 siswa.Variabelbebas: layananbimbingankelompokdanvariabelterikatsolidaritastemansebaya. Teknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi.Analisis data deskriptifkomparatifantarsiklusdilanjutkanrefleksi. Hasilpenelitian: Tingkat solidaritastemansebayapadakondisiawaldiperolehskor 222 (44%). Setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiklus I pertemuan 1 diperolehskor 222 (44%), pertemuan 2 diperolehskor 260 (52%), pertemuan 3 diperolehskor 314 (63%). Sedangkanpadasiklus II pertemuan 1 diperolehskor 314 (63%), pertemuan 2 diperolehskor 334 (67%), pertemuan 3 diperolehskor 426 (85%). Peningkatansolidaritastemansebayapadakondisiawal (44%), siklus I (63%) meningkat (19%), padasiklus II (85%) meningkatsebesar (41%).Hipotesis yang menyatakanadapeningkatansolidaritastemansebaya, setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus tahunpelajaran 2013/2014 diterimakarenatelahmemenuhiindikatorkeberhasilan Simpulan: Melaluibimbingankelompoktekniksosiodramaterjadipeningkatansolidaritastemansebayapadakondisiawal (44%), siklus I (63%) dansiklus II (85%) meningkatsebesar (41%). Saran: Acuankepalasekolahdalammenentukankebijakanpenerapanbimbingankelompok.Acuankonselordalammemberikanbimbingankelompokdenganmenggunakantekniksosiodramasehinggadapatmemberikanpemahaman yang menarikbagisiswa, sertadapatmenambahwawasanbagisiswa, siswa yang tingkatsolidaritasterhadaptemansebayarendahdiharapkanmenjagasikapdantingkahlakudalamkehidupansehari-hari, peneliti yang selanjutnyadiharapkandapatlebihmemperkayapenelitianini, yaitudenganmenerapkanpendekatanbimbinganmelaluiteknik-teknik yang berbeda, danwalikelasuntukselalumemonitoringanakdidiknya.