ctrlnum 4184
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Upaya Meningkatkan Solidaritas Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Tkj2 &#xD; Smk Mambaul Falah Kudus&#xD; </title><creator>PUJI LESTARI , NOOR </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Wawancarapenelititerhadap guru BK danhasilpengamatandengansiswakelas XI TKJ2 SMK MambaulFalah Kudus padatanggal10-12 Februari 2014 ditemukanadasebagiansiswa yang memilikitingkatsolidaritastemansebaya yang rendahsepertiacuhtakacuhterhadappermasalahanteman, tidakmaumembatuteman yang kesusahandantidakikhlasmembantuteman. Rumusanmasalah: Bagaimanapenerapanlayanan bimbingan kelompok tekniksosiodramadalammeningkatkan solidaritastemansebayapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalahKudus TahunPelajaran 2013/2014?. Tujuanpenelitian: 1. Mendeskripsikansolidaritastemansebayasebelumdansetelahpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodrama. 2. Menemukanseberapabesarpeningkatansolidaritastemansebayasebelumdansetelahpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodrama. &#xD; Kegunaanpenelitian: 1. KegunaanTeoretis: Menambahkhasanahpustaka. 2. KegunaanPraktis: a. Sebagaiacuankepalasekolahdalammenentukankebijakandalampelaksanaanbimbingandankonseling di sekolah. b. Konselordapatmemberikanlayananbimbingankelompokmelaluitekniksosiodramauntukmeningkatkansolidaritastemansebaya. c. Siswadapatmeningkatkansolidaritasterhadaptemansebaya di sekolah. d. Penelitidapatmemanfaatkanhasilpenelitiansebagaisumberreferensikajianteoretisdalampenelitianlebihlanjut. e. Sebagaiacuanwalikelasdalammemonitoringtingkatsolidaritassiswa. Ruanglingkuppenelitianmencakupsolidaritastemansebayadanpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus TahunPelajaran 2013/2014.HipotesispenelitianAda peningkatansolidaritastemansebaya, setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus tahunpelajaran 2013/2014.&#xD; Jenispenelitiankualitatifdeskriptifdenganpendekatan PTBKdalamduasiklus. Bertempat di SMK MambaulFalah Kudus, subyekpenelitian 10 siswa.Variabelbebas: layananbimbingankelompokdanvariabelterikatsolidaritastemansebaya. Teknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi.Analisis data deskriptifkomparatifantarsiklusdilanjutkanrefleksi.&#xD; Hasilpenelitian: Tingkat solidaritastemansebayapadakondisiawaldiperolehskor 222 (44%). Setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiklus I pertemuan 1 diperolehskor 222 (44%), pertemuan 2 diperolehskor 260 (52%), pertemuan 3 diperolehskor 314 (63%). Sedangkanpadasiklus II pertemuan 1 diperolehskor 314 (63%), pertemuan 2 diperolehskor 334 (67%), pertemuan 3 diperolehskor 426 (85%). Peningkatansolidaritastemansebayapadakondisiawal (44%), siklus I (63%) meningkat (19%), padasiklus II (85%) meningkatsebesar (41%).Hipotesis yang menyatakanadapeningkatansolidaritastemansebaya, setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus tahunpelajaran 2013/2014 diterimakarenatelahmemenuhiindikatorkeberhasilan&#xD; Simpulan: Melaluibimbingankelompoktekniksosiodramaterjadipeningkatansolidaritastemansebayapadakondisiawal (44%), siklus I (63%) dansiklus II (85%) meningkatsebesar (41%). Saran: Acuankepalasekolahdalammenentukankebijakanpenerapanbimbingankelompok.Acuankonselordalammemberikanbimbingankelompokdenganmenggunakantekniksosiodramasehinggadapatmemberikanpemahaman yang menarikbagisiswa, sertadapatmenambahwawasanbagisiswa, siswa yang tingkatsolidaritasterhadaptemansebayarendahdiharapkanmenjagasikapdantingkahlakudalamkehidupansehari-hari, peneliti yang selanjutnyadiharapkandapatlebihmemperkayapenelitianini, yaitudenganmenerapkanpendekatanbimbinganmelaluiteknik-teknik yang berbeda, danwalikelasuntukselalumemonitoringanakdidiknya.&#xD; </description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/9/LAMPIRAN%2DLAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>PUJI LESTARI , NOOR (2015) Upaya Meningkatkan Solidaritas Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Tkj2 Smk Mambaul Falah Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/4184/</relation><recordID>4184</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author PUJI LESTARI , NOOR
title Upaya Meningkatkan Solidaritas Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Tkj2 Smk Mambaul Falah Kudus
publishDate 2015
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/4184/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4184/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4184/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4184/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4184/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4184/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4184/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4184/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/4184/9/LAMPIRAN%2DLAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id
http://eprints.umk.ac.id/4184/
contents Wawancarapenelititerhadap guru BK danhasilpengamatandengansiswakelas XI TKJ2 SMK MambaulFalah Kudus padatanggal10-12 Februari 2014 ditemukanadasebagiansiswa yang memilikitingkatsolidaritastemansebaya yang rendahsepertiacuhtakacuhterhadappermasalahanteman, tidakmaumembatuteman yang kesusahandantidakikhlasmembantuteman. Rumusanmasalah: Bagaimanapenerapanlayanan bimbingan kelompok tekniksosiodramadalammeningkatkan solidaritastemansebayapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalahKudus TahunPelajaran 2013/2014?. Tujuanpenelitian: 1. Mendeskripsikansolidaritastemansebayasebelumdansetelahpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodrama. 2. Menemukanseberapabesarpeningkatansolidaritastemansebayasebelumdansetelahpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodrama. Kegunaanpenelitian: 1. KegunaanTeoretis: Menambahkhasanahpustaka. 2. KegunaanPraktis: a. Sebagaiacuankepalasekolahdalammenentukankebijakandalampelaksanaanbimbingandankonseling di sekolah. b. Konselordapatmemberikanlayananbimbingankelompokmelaluitekniksosiodramauntukmeningkatkansolidaritastemansebaya. c. Siswadapatmeningkatkansolidaritasterhadaptemansebaya di sekolah. d. Penelitidapatmemanfaatkanhasilpenelitiansebagaisumberreferensikajianteoretisdalampenelitianlebihlanjut. e. Sebagaiacuanwalikelasdalammemonitoringtingkatsolidaritassiswa. Ruanglingkuppenelitianmencakupsolidaritastemansebayadanpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus TahunPelajaran 2013/2014.HipotesispenelitianAda peningkatansolidaritastemansebaya, setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus tahunpelajaran 2013/2014. Jenispenelitiankualitatifdeskriptifdenganpendekatan PTBKdalamduasiklus. Bertempat di SMK MambaulFalah Kudus, subyekpenelitian 10 siswa.Variabelbebas: layananbimbingankelompokdanvariabelterikatsolidaritastemansebaya. Teknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi.Analisis data deskriptifkomparatifantarsiklusdilanjutkanrefleksi. Hasilpenelitian: Tingkat solidaritastemansebayapadakondisiawaldiperolehskor 222 (44%). Setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiklus I pertemuan 1 diperolehskor 222 (44%), pertemuan 2 diperolehskor 260 (52%), pertemuan 3 diperolehskor 314 (63%). Sedangkanpadasiklus II pertemuan 1 diperolehskor 314 (63%), pertemuan 2 diperolehskor 334 (67%), pertemuan 3 diperolehskor 426 (85%). Peningkatansolidaritastemansebayapadakondisiawal (44%), siklus I (63%) meningkat (19%), padasiklus II (85%) meningkatsebesar (41%).Hipotesis yang menyatakanadapeningkatansolidaritastemansebaya, setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus tahunpelajaran 2013/2014 diterimakarenatelahmemenuhiindikatorkeberhasilan Simpulan: Melaluibimbingankelompoktekniksosiodramaterjadipeningkatansolidaritastemansebayapadakondisiawal (44%), siklus I (63%) dansiklus II (85%) meningkatsebesar (41%). Saran: Acuankepalasekolahdalammenentukankebijakanpenerapanbimbingankelompok.Acuankonselordalammemberikanbimbingankelompokdenganmenggunakantekniksosiodramasehinggadapatmemberikanpemahaman yang menarikbagisiswa, sertadapatmenambahwawasanbagisiswa, siswa yang tingkatsolidaritasterhadaptemansebayarendahdiharapkanmenjagasikapdantingkahlakudalamkehidupansehari-hari, peneliti yang selanjutnyadiharapkandapatlebihmemperkayapenelitianini, yaitudenganmenerapkanpendekatanbimbinganmelaluiteknik-teknik yang berbeda, danwalikelasuntukselalumemonitoringanakdidiknya.
id IOS3090.4184
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:11:47Z
last_indexed 2017-04-08T05:25:36Z
recordtype dc
_version_ 1765996254385405952
score 16.845257