Upaya Meningkatkan Solidaritas Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Tkj2 Smk Mambaul Falah Kudus
ctrlnum |
4184 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Upaya Meningkatkan Solidaritas Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Tkj2 
Smk Mambaul Falah Kudus
</title><creator>PUJI LESTARI , NOOR </creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Wawancarapenelititerhadap guru BK danhasilpengamatandengansiswakelas XI TKJ2 SMK MambaulFalah Kudus padatanggal10-12 Februari 2014 ditemukanadasebagiansiswa yang memilikitingkatsolidaritastemansebaya yang rendahsepertiacuhtakacuhterhadappermasalahanteman, tidakmaumembatuteman yang kesusahandantidakikhlasmembantuteman. Rumusanmasalah: Bagaimanapenerapanlayanan bimbingan kelompok tekniksosiodramadalammeningkatkan solidaritastemansebayapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalahKudus TahunPelajaran 2013/2014?. Tujuanpenelitian: 1. Mendeskripsikansolidaritastemansebayasebelumdansetelahpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodrama. 2. Menemukanseberapabesarpeningkatansolidaritastemansebayasebelumdansetelahpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodrama. 
Kegunaanpenelitian: 1. KegunaanTeoretis: Menambahkhasanahpustaka. 2. KegunaanPraktis: a. Sebagaiacuankepalasekolahdalammenentukankebijakandalampelaksanaanbimbingandankonseling di sekolah. b. Konselordapatmemberikanlayananbimbingankelompokmelaluitekniksosiodramauntukmeningkatkansolidaritastemansebaya. c. Siswadapatmeningkatkansolidaritasterhadaptemansebaya di sekolah. d. Penelitidapatmemanfaatkanhasilpenelitiansebagaisumberreferensikajianteoretisdalampenelitianlebihlanjut. e. Sebagaiacuanwalikelasdalammemonitoringtingkatsolidaritassiswa. Ruanglingkuppenelitianmencakupsolidaritastemansebayadanpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus TahunPelajaran 2013/2014.HipotesispenelitianAda peningkatansolidaritastemansebaya, setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus tahunpelajaran 2013/2014.
Jenispenelitiankualitatifdeskriptifdenganpendekatan PTBKdalamduasiklus. Bertempat di SMK MambaulFalah Kudus, subyekpenelitian 10 siswa.Variabelbebas: layananbimbingankelompokdanvariabelterikatsolidaritastemansebaya. Teknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi.Analisis data deskriptifkomparatifantarsiklusdilanjutkanrefleksi.
Hasilpenelitian: Tingkat solidaritastemansebayapadakondisiawaldiperolehskor 222 (44%). Setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiklus I pertemuan 1 diperolehskor 222 (44%), pertemuan 2 diperolehskor 260 (52%), pertemuan 3 diperolehskor 314 (63%). Sedangkanpadasiklus II pertemuan 1 diperolehskor 314 (63%), pertemuan 2 diperolehskor 334 (67%), pertemuan 3 diperolehskor 426 (85%). Peningkatansolidaritastemansebayapadakondisiawal (44%), siklus I (63%) meningkat (19%), padasiklus II (85%) meningkatsebesar (41%).Hipotesis yang menyatakanadapeningkatansolidaritastemansebaya, setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus tahunpelajaran 2013/2014 diterimakarenatelahmemenuhiindikatorkeberhasilan
Simpulan: Melaluibimbingankelompoktekniksosiodramaterjadipeningkatansolidaritastemansebayapadakondisiawal (44%), siklus I (63%) dansiklus II (85%) meningkatsebesar (41%). Saran: Acuankepalasekolahdalammenentukankebijakanpenerapanbimbingankelompok.Acuankonselordalammemberikanbimbingankelompokdenganmenggunakantekniksosiodramasehinggadapatmemberikanpemahaman yang menarikbagisiswa, sertadapatmenambahwawasanbagisiswa, siswa yang tingkatsolidaritasterhadaptemansebayarendahdiharapkanmenjagasikapdantingkahlakudalamkehidupansehari-hari, peneliti yang selanjutnyadiharapkandapatlebihmemperkayapenelitianini, yaitudenganmenerapkanpendekatanbimbinganmelaluiteknik-teknik yang berbeda, danwalikelasuntukselalumemonitoringanakdidiknya.
</description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/1/HALAMAN_JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/4184/9/LAMPIRAN%2DLAMPIRAN.pdf</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><identifier>PUJI LESTARI , NOOR (2015) Upaya Meningkatkan Solidaritas Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Tkj2 Smk Mambaul Falah Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/4184/</relation><recordID>4184</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
PUJI LESTARI , NOOR |
title |
Upaya Meningkatkan Solidaritas Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Tkj2
Smk Mambaul Falah Kudus |
publishDate |
2015 |
topic |
Pendidikan (Umum) |
url |
http://eprints.umk.ac.id/4184/1/HALAMAN_JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/4184/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/4184/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/4184/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/4184/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/4184/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/4184/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/4184/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/4184/9/LAMPIRAN%2DLAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id http://eprints.umk.ac.id/4184/ |
contents |
Wawancarapenelititerhadap guru BK danhasilpengamatandengansiswakelas XI TKJ2 SMK MambaulFalah Kudus padatanggal10-12 Februari 2014 ditemukanadasebagiansiswa yang memilikitingkatsolidaritastemansebaya yang rendahsepertiacuhtakacuhterhadappermasalahanteman, tidakmaumembatuteman yang kesusahandantidakikhlasmembantuteman. Rumusanmasalah: Bagaimanapenerapanlayanan bimbingan kelompok tekniksosiodramadalammeningkatkan solidaritastemansebayapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalahKudus TahunPelajaran 2013/2014?. Tujuanpenelitian: 1. Mendeskripsikansolidaritastemansebayasebelumdansetelahpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodrama. 2. Menemukanseberapabesarpeningkatansolidaritastemansebayasebelumdansetelahpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodrama.
Kegunaanpenelitian: 1. KegunaanTeoretis: Menambahkhasanahpustaka. 2. KegunaanPraktis: a. Sebagaiacuankepalasekolahdalammenentukankebijakandalampelaksanaanbimbingandankonseling di sekolah. b. Konselordapatmemberikanlayananbimbingankelompokmelaluitekniksosiodramauntukmeningkatkansolidaritastemansebaya. c. Siswadapatmeningkatkansolidaritasterhadaptemansebaya di sekolah. d. Penelitidapatmemanfaatkanhasilpenelitiansebagaisumberreferensikajianteoretisdalampenelitianlebihlanjut. e. Sebagaiacuanwalikelasdalammemonitoringtingkatsolidaritassiswa. Ruanglingkuppenelitianmencakupsolidaritastemansebayadanpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus TahunPelajaran 2013/2014.HipotesispenelitianAda peningkatansolidaritastemansebaya, setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus tahunpelajaran 2013/2014.
Jenispenelitiankualitatifdeskriptifdenganpendekatan PTBKdalamduasiklus. Bertempat di SMK MambaulFalah Kudus, subyekpenelitian 10 siswa.Variabelbebas: layananbimbingankelompokdanvariabelterikatsolidaritastemansebaya. Teknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi.Analisis data deskriptifkomparatifantarsiklusdilanjutkanrefleksi.
Hasilpenelitian: Tingkat solidaritastemansebayapadakondisiawaldiperolehskor 222 (44%). Setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiklus I pertemuan 1 diperolehskor 222 (44%), pertemuan 2 diperolehskor 260 (52%), pertemuan 3 diperolehskor 314 (63%). Sedangkanpadasiklus II pertemuan 1 diperolehskor 314 (63%), pertemuan 2 diperolehskor 334 (67%), pertemuan 3 diperolehskor 426 (85%). Peningkatansolidaritastemansebayapadakondisiawal (44%), siklus I (63%) meningkat (19%), padasiklus II (85%) meningkatsebesar (41%).Hipotesis yang menyatakanadapeningkatansolidaritastemansebaya, setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus tahunpelajaran 2013/2014 diterimakarenatelahmemenuhiindikatorkeberhasilan
Simpulan: Melaluibimbingankelompoktekniksosiodramaterjadipeningkatansolidaritastemansebayapadakondisiawal (44%), siklus I (63%) dansiklus II (85%) meningkatsebesar (41%). Saran: Acuankepalasekolahdalammenentukankebijakanpenerapanbimbingankelompok.Acuankonselordalammemberikanbimbingankelompokdenganmenggunakantekniksosiodramasehinggadapatmemberikanpemahaman yang menarikbagisiswa, sertadapatmenambahwawasanbagisiswa, siswa yang tingkatsolidaritasterhadaptemansebayarendahdiharapkanmenjagasikapdantingkahlakudalamkehidupansehari-hari, peneliti yang selanjutnyadiharapkandapatlebihmemperkayapenelitianini, yaitudenganmenerapkanpendekatanbimbinganmelaluiteknik-teknik yang berbeda, danwalikelasuntukselalumemonitoringanakdidiknya.
|
id |
IOS3090.4184 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2016-09-22T19:11:47Z |
last_indexed |
2017-04-08T05:25:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996254385405952 |
score |
16.845257 |