HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP N 2 BAE KUDUS

Main Author: Minarti, Lenny
Format: Bachelors NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/2616/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/7/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara kecerdasan verbal-linguistik dan dukungan sosial dengan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP N 2 Bae Kudus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Bae Kudus dengan melibatkan 186 siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan alat yang digunakan untuk memperoleh data dengan menggunakan skala kecerdasan verbal-linguistik, skala dukungan sosial, dan nilai raport bahasa Indonesia semester I. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis mayor yang diajukan diterima dimana kecerdasan verbal-linguistik (X1) dan dukungan sosial (X2) mempunyai hubungan positif yang sangat signifikan dengan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Indonesia (Y) terbukti dengan hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel sebesar 0,407 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01), sumbangan efektif sebesar 16,5 %. Kata Kunci :Kecerdasan Verbal-Linguistik, Dukungan Sosial, dan Prestasi Belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia.