HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP N 2 BAE KUDUS

Main Author: Minarti, Lenny
Format: Bachelors NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/2616/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/7/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/
ctrlnum 2616
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN&#xD; PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN &#xD; BAHASA INDONESIA SISWA KELAS &#xD; VIII SMP N 2 BAE KUDUS&#xD; </title><creator>Minarti, Lenny</creator><subject>Psikologi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara kecerdasan verbal-linguistik dan dukungan sosial dengan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP N 2 Bae Kudus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Bae Kudus dengan melibatkan 186 siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan alat yang digunakan untuk memperoleh data dengan menggunakan skala kecerdasan verbal-linguistik, skala dukungan sosial, dan nilai raport bahasa Indonesia semester I.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis mayor yang diajukan diterima dimana kecerdasan verbal-linguistik (X1) dan dukungan sosial (X2) mempunyai hubungan positif yang sangat signifikan dengan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Indonesia (Y) terbukti dengan hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel sebesar 0,407 dengan p sebesar 0,000 (p&lt;0,01), sumbangan efektif sebesar 16,5 %. &#xD; &#xD; &#xD; Kata Kunci :Kecerdasan Verbal-Linguistik, Dukungan Sosial, dan Prestasi Belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia.&#xD; &#xD; </description><date>2014</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2616/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2616/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2616/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2616/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2616/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2616/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2616/7/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><identifier>Minarti, Lenny (2014) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP N 2 BAE KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/2616/</relation><recordID>2616</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Minarti, Lenny
title HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP N 2 BAE KUDUS
publishDate 2014
topic Psikologi
url http://eprints.umk.ac.id/2616/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/7/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2616/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara kecerdasan verbal-linguistik dan dukungan sosial dengan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP N 2 Bae Kudus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Bae Kudus dengan melibatkan 186 siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan alat yang digunakan untuk memperoleh data dengan menggunakan skala kecerdasan verbal-linguistik, skala dukungan sosial, dan nilai raport bahasa Indonesia semester I. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis mayor yang diajukan diterima dimana kecerdasan verbal-linguistik (X1) dan dukungan sosial (X2) mempunyai hubungan positif yang sangat signifikan dengan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Indonesia (Y) terbukti dengan hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel sebesar 0,407 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01), sumbangan efektif sebesar 16,5 %. Kata Kunci :Kecerdasan Verbal-Linguistik, Dukungan Sosial, dan Prestasi Belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia.
id IOS3090.2616
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:10:54Z
last_indexed 2017-04-08T05:25:05Z
recordtype dc
_version_ 1765996244944027648
score 16.845257