HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP N 2 BAE KUDUS
Main Author: | Minarti, Lenny |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/2616/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/2616/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/2616/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/2616/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/2616/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/2616/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/2616/7/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/2616/ |
ctrlnum |
2616 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN
PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN 
BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 
VIII SMP N 2 BAE KUDUS
</title><creator>Minarti, Lenny</creator><subject>Psikologi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara kecerdasan verbal-linguistik dan dukungan sosial dengan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP N 2 Bae Kudus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Bae Kudus dengan melibatkan 186 siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan alat yang digunakan untuk memperoleh data dengan menggunakan skala kecerdasan verbal-linguistik, skala dukungan sosial, dan nilai raport bahasa Indonesia semester I.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis mayor yang diajukan diterima dimana kecerdasan verbal-linguistik (X1) dan dukungan sosial (X2) mempunyai hubungan positif yang sangat signifikan dengan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Indonesia (Y) terbukti dengan hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel sebesar 0,407 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01), sumbangan efektif sebesar 16,5 %. 


Kata Kunci :Kecerdasan Verbal-Linguistik, Dukungan Sosial, dan Prestasi Belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia.

</description><date>2014</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2616/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2616/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2616/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2616/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2616/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2616/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2616/7/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><identifier>Minarti, Lenny (2014) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP N 2 BAE KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/2616/</relation><recordID>2616</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Minarti, Lenny |
title |
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN
PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA SISWA KELAS
VIII SMP N 2 BAE KUDUS |
publishDate |
2014 |
topic |
Psikologi |
url |
http://eprints.umk.ac.id/2616/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/2616/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/2616/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/2616/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/2616/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/2616/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/2616/7/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/2616/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara kecerdasan verbal-linguistik dan dukungan sosial dengan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP N 2 Bae Kudus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Bae Kudus dengan melibatkan 186 siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan alat yang digunakan untuk memperoleh data dengan menggunakan skala kecerdasan verbal-linguistik, skala dukungan sosial, dan nilai raport bahasa Indonesia semester I.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis mayor yang diajukan diterima dimana kecerdasan verbal-linguistik (X1) dan dukungan sosial (X2) mempunyai hubungan positif yang sangat signifikan dengan prestasi belajar pada pelajaran bahasa Indonesia (Y) terbukti dengan hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel sebesar 0,407 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01), sumbangan efektif sebesar 16,5 %.
Kata Kunci :Kecerdasan Verbal-Linguistik, Dukungan Sosial, dan Prestasi Belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia.
|
id |
IOS3090.2616 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2016-09-22T19:10:54Z |
last_indexed |
2017-04-08T05:25:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996244944027648 |
score |
16.845257 |