DAMPAK NOMOPHOBIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Main Authors: RAMADHANI, RATIH WULAN, Rahayu, Ratri, Kuryanto, M Syaffruddin
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/18325/1/4.%20Ramadhani%20artikel%20asli.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18325/2/4.%20Ramadhani%20turnitin.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18325/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari nomophobia terhadap motivasi belajar siswa di Desa Dukuh Waringin RT 01 RW 02 Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Masalah yang dianalisis dalam penelitian ini adalah terkait dengan dampak dari nomophobia terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan terdapat 15 informan yang terdiri dari 5 siswa, 5 orang tua siswa serta 5 saudara siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi guna mengetahui dampak dari nomophobia terhadap motivasi belajar. Hasil penelitian ini adalah siswa sekolah dasar yang mengalami nomophobia di Desa Dukuh Waringin RT 01 RW 02 Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus memiliki motivasi belajar yang rendah. Motivasi belajar siswa menurun setelah mereka sering bermain smartphone. Kata kunci: Motivasi Belajar, Nomophobia, Siswa Sekolah Dasar, Smartphone