PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU
Main Authors: | YANTI, NUNING HARDI, Murtono, -, Fardhani, Much Arsyad |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Image Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP UNMA
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/18260/1/Cover%20Educatio.jpg http://eprints.umk.ac.id/18260/2/Educatio%20S4.pdf http://eprints.umk.ac.id/18260/3/Turnitin%20Educatio%20S4.pdf http://eprints.umk.ac.id/18260/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 5 Kedungsari dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Keterampilan mengajar guru menunjukkan peningkatan pada siklus I sampai siklus II meningkat 25%. Keaktifan belajar siswa pada siklus I sampai siklus II meningkat 21,33%. Ketuntasan klasikal hasil belajar IPS ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,78%. Ketuntasan klasikal hasil belajar Bahasa Indonesia ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,77%. Ketuntasan hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I sampai siklus II meningkat 23,19%. Kesimpulannya dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle tema cita-citaku mengalami peningkatan