PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU

Main Authors: YANTI, NUNING HARDI, Murtono, -, Fardhani, Much Arsyad
Format: Article PeerReviewed Image Book
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP UNMA , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/18260/1/Cover%20Educatio.jpg
http://eprints.umk.ac.id/18260/2/Educatio%20S4.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18260/3/Turnitin%20Educatio%20S4.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18260/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 5 Kedungsari dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Keterampilan mengajar guru menunjukkan peningkatan pada siklus I sampai siklus II meningkat 25%. Keaktifan belajar siswa pada siklus I sampai siklus II meningkat 21,33%. Ketuntasan klasikal hasil belajar IPS ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,78%. Ketuntasan klasikal hasil belajar Bahasa Indonesia ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,77%. Ketuntasan hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I sampai siklus II meningkat 23,19%. Kesimpulannya dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle tema cita-citaku mengalami peningkatan