PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU
Main Authors: | YANTI, NUNING HARDI, Murtono, -, Fardhani, Much Arsyad |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Image Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP UNMA
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/18260/1/Cover%20Educatio.jpg http://eprints.umk.ac.id/18260/2/Educatio%20S4.pdf http://eprints.umk.ac.id/18260/3/Turnitin%20Educatio%20S4.pdf http://eprints.umk.ac.id/18260/ |
ctrlnum |
18260 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/18260/</relation><title>PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU</title><creator>YANTI, NUNING HARDI</creator><creator>Murtono, -</creator><creator>Fardhani, Much Arsyad</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru,
mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 5
Kedungsari dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Keterampilan
mengajar guru menunjukkan peningkatan pada siklus I sampai siklus II meningkat 25%. Keaktifan belajar
siswa pada siklus I sampai siklus II meningkat 21,33%. Ketuntasan klasikal hasil belajar IPS ranah
pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,78%. Ketuntasan klasikal hasil belajar Bahasa
Indonesia ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,77%. Ketuntasan hasil belajar
ranah keterampilan pada siklus I sampai siklus II meningkat 23,19%. Kesimpulannya dengan menerapkan
model numbered head together berbantuan media puzzle tema cita-citaku mengalami peningkatan</description><publisher>FKIP UNMA</publisher><date>2020</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Image:Image</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18260/1/Cover%20Educatio.jpg</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18260/2/Educatio%20S4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18260/3/Turnitin%20Educatio%20S4.pdf</identifier><identifier> YANTI, NUNING HARDI and Murtono, - and Fardhani, Much Arsyad (2020) PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU. Jurnal Educatio, 6 (2). pp. 248-261. ISSN 2459-9522 </identifier><recordID>18260</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Image:Image Image Book:Book Book |
author |
YANTI, NUNING HARDI Murtono, - Fardhani, Much Arsyad |
title |
PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU |
publisher |
FKIP UNMA |
publishDate |
2020 |
topic |
Pendidikan (Umum) Teori dan praktek pendidikan |
url |
http://eprints.umk.ac.id/18260/1/Cover%20Educatio.jpg http://eprints.umk.ac.id/18260/2/Educatio%20S4.pdf http://eprints.umk.ac.id/18260/3/Turnitin%20Educatio%20S4.pdf http://eprints.umk.ac.id/18260/ |
contents |
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru,
mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 5
Kedungsari dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Keterampilan
mengajar guru menunjukkan peningkatan pada siklus I sampai siklus II meningkat 25%. Keaktifan belajar
siswa pada siklus I sampai siklus II meningkat 21,33%. Ketuntasan klasikal hasil belajar IPS ranah
pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,78%. Ketuntasan klasikal hasil belajar Bahasa
Indonesia ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,77%. Ketuntasan hasil belajar
ranah keterampilan pada siklus I sampai siklus II meningkat 23,19%. Kesimpulannya dengan menerapkan
model numbered head together berbantuan media puzzle tema cita-citaku mengalami peningkatan |
id |
IOS3090.18260 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2023-03-14T06:42:48Z |
last_indexed |
2023-04-15T07:15:30Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996447533105152 |
score |
17.13294 |