PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU

Main Authors: YANTI, NUNING HARDI, Murtono, -, Fardhani, Much Arsyad
Format: Article PeerReviewed Image Book
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP UNMA , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/18260/1/Cover%20Educatio.jpg
http://eprints.umk.ac.id/18260/2/Educatio%20S4.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18260/3/Turnitin%20Educatio%20S4.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18260/
ctrlnum 18260
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/18260/</relation><title>PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU</title><creator>YANTI, NUNING HARDI</creator><creator>Murtono, -</creator><creator>Fardhani, Much Arsyad</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru,&#xD; mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 5&#xD; Kedungsari dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle. Jenis&#xD; penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Keterampilan&#xD; mengajar guru menunjukkan peningkatan pada siklus I sampai siklus II meningkat 25%. Keaktifan belajar&#xD; siswa pada siklus I sampai siklus II meningkat 21,33%. Ketuntasan klasikal hasil belajar IPS ranah&#xD; pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,78%. Ketuntasan klasikal hasil belajar Bahasa&#xD; Indonesia ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,77%. Ketuntasan hasil belajar&#xD; ranah keterampilan pada siklus I sampai siklus II meningkat 23,19%. Kesimpulannya dengan menerapkan&#xD; model numbered head together berbantuan media puzzle tema cita-citaku mengalami peningkatan</description><publisher>FKIP UNMA</publisher><date>2020</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Image:Image</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18260/1/Cover%20Educatio.jpg</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18260/2/Educatio%20S4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18260/3/Turnitin%20Educatio%20S4.pdf</identifier><identifier> YANTI, NUNING HARDI and Murtono, - and Fardhani, Much Arsyad (2020) PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU. Jurnal Educatio, 6 (2). pp. 248-261. ISSN 2459-9522 </identifier><recordID>18260</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Image:Image
Image
Book:Book
Book
author YANTI, NUNING HARDI
Murtono, -
Fardhani, Much Arsyad
title PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU
publisher FKIP UNMA
publishDate 2020
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/18260/1/Cover%20Educatio.jpg
http://eprints.umk.ac.id/18260/2/Educatio%20S4.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18260/3/Turnitin%20Educatio%20S4.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18260/
contents Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 5 Kedungsari dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Keterampilan mengajar guru menunjukkan peningkatan pada siklus I sampai siklus II meningkat 25%. Keaktifan belajar siswa pada siklus I sampai siklus II meningkat 21,33%. Ketuntasan klasikal hasil belajar IPS ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,78%. Ketuntasan klasikal hasil belajar Bahasa Indonesia ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,77%. Ketuntasan hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I sampai siklus II meningkat 23,19%. Kesimpulannya dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle tema cita-citaku mengalami peningkatan
id IOS3090.18260
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-03-14T06:42:48Z
last_indexed 2023-04-15T07:15:30Z
recordtype dc
_version_ 1765996447533105152
score 17.13294