Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini untuk: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak. 2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak. 3) Untuk menemukan pembelajaran setelah adanya supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi dan analisis data menggunakan pedoman teori dari milles and hubermens. Hasil Penelitian 1) Pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak dilaksanakan secara daring dengan istilah e-supervision. Teknis pelaksanaan kepala sekolah mengirim form pertanyaan kelangkapan administrasi pembelajaran dengan google form. setelah diketahui adanya permasalahan pembelajaran kepala sekolah memberikan bantuan akademik melalui percakapan pribadi menggunakan vidio call dan pertemuan tatap muka secara daring menggunakan google meet. 2) Faktor pendukung diantaranya adalah pertama adalah kualitas SDM kepala sekolah. Kemampuan kepala sekolah dalam berinovasi serta kemampuan dalam tenologi (IT) menjadi salah satu faktor dominan keberhasilan supervisi daring. dan kedua adalah sikap responsif guru dalam pelaksanaan supervisi. Selama supervisi dilaksanakan secara daring. 3) Faktor penghambat diantaranya adalah terdapat sebagian guru yang kurang responsif terhadap pelaksaan supervisi dalam mengisi kolom pada google form. Kedua bahwa pelaksaan supevisi daring ini terhubungan melalui internet dan terkadang terkendala sinyal karena sedang musim penghujan. 4) Kualitas pembelajaran di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak setelah adanya supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 adalah meningkat dan pada kategori baik, hal ini berdasarkan nilai komulatif angket yang di isi oleh guru tentang kualitas pembelajaran daring. Kesimpulan penelitian adalah pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak dilaksanakan secara daring dengan istilah e-supervision. setelah adanya supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 terjadi peningkatan kualitas pembelajaran