ctrlnum 18030
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/18030/</relation><title>Supervisi akademik kepala sekolah &#xD; Pada masa pandemi covid - 19 di sd negeri kedungori 1 dempet demak</title><creator>PURNOMO, -</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Tujuan dalam penelitian ini untuk: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak. 2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak. 3) Untuk menemukan pembelajaran setelah adanya supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak.&#xD; Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi dan analisis data menggunakan pedoman teori dari milles and hubermens.&#xD; Hasil Penelitian 1) Pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak dilaksanakan secara daring dengan istilah e-supervision. Teknis pelaksanaan kepala sekolah mengirim form pertanyaan kelangkapan administrasi pembelajaran dengan google form. setelah diketahui adanya permasalahan pembelajaran kepala sekolah memberikan bantuan akademik melalui percakapan pribadi menggunakan vidio call dan pertemuan tatap muka secara daring menggunakan google meet. 2) Faktor pendukung diantaranya adalah pertama adalah kualitas SDM kepala sekolah. Kemampuan kepala sekolah dalam berinovasi serta kemampuan dalam tenologi (IT) menjadi salah satu faktor dominan keberhasilan supervisi daring. dan kedua adalah sikap responsif guru dalam pelaksanaan supervisi. Selama supervisi dilaksanakan secara daring. 3) Faktor penghambat diantaranya adalah terdapat sebagian guru yang kurang responsif terhadap pelaksaan supervisi dalam mengisi kolom pada google form. Kedua bahwa pelaksaan supevisi daring ini terhubungan melalui internet dan terkadang terkendala sinyal karena sedang musim penghujan. 4) Kualitas pembelajaran di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak setelah adanya supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 adalah meningkat dan pada kategori baik, hal ini berdasarkan nilai komulatif angket yang di isi oleh guru tentang kualitas pembelajaran daring. &#xD; Kesimpulan penelitian adalah pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak dilaksanakan secara daring dengan istilah e-supervision. setelah adanya supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 terjadi peningkatan kualitas pembelajaran</description><date>2021</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18030/1/Hal.%20Judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18030/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18030/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18030/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18030/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18030/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18030/7/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18030/8/Lampiran.pdf</identifier><identifier> PURNOMO, - (2021) Supervisi akademik kepala sekolah Pada masa pandemi covid - 19 di sd negeri kedungori 1 dempet demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><recordID>18030</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author PURNOMO, -
title Supervisi akademik kepala sekolah Pada masa pandemi covid - 19 di sd negeri kedungori 1 dempet demak
publishDate 2021
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/18030/1/Hal.%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18030/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18030/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18030/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18030/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18030/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18030/7/Daftar%20Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18030/8/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18030/
contents Tujuan dalam penelitian ini untuk: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak. 2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak. 3) Untuk menemukan pembelajaran setelah adanya supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi dan analisis data menggunakan pedoman teori dari milles and hubermens. Hasil Penelitian 1) Pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak dilaksanakan secara daring dengan istilah e-supervision. Teknis pelaksanaan kepala sekolah mengirim form pertanyaan kelangkapan administrasi pembelajaran dengan google form. setelah diketahui adanya permasalahan pembelajaran kepala sekolah memberikan bantuan akademik melalui percakapan pribadi menggunakan vidio call dan pertemuan tatap muka secara daring menggunakan google meet. 2) Faktor pendukung diantaranya adalah pertama adalah kualitas SDM kepala sekolah. Kemampuan kepala sekolah dalam berinovasi serta kemampuan dalam tenologi (IT) menjadi salah satu faktor dominan keberhasilan supervisi daring. dan kedua adalah sikap responsif guru dalam pelaksanaan supervisi. Selama supervisi dilaksanakan secara daring. 3) Faktor penghambat diantaranya adalah terdapat sebagian guru yang kurang responsif terhadap pelaksaan supervisi dalam mengisi kolom pada google form. Kedua bahwa pelaksaan supevisi daring ini terhubungan melalui internet dan terkadang terkendala sinyal karena sedang musim penghujan. 4) Kualitas pembelajaran di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak setelah adanya supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 adalah meningkat dan pada kategori baik, hal ini berdasarkan nilai komulatif angket yang di isi oleh guru tentang kualitas pembelajaran daring. Kesimpulan penelitian adalah pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Kedungori 1 Dempet Demak dilaksanakan secara daring dengan istilah e-supervision. setelah adanya supervisi akademik pada masa pandemi covid-19 terjadi peningkatan kualitas pembelajaran
id IOS3090.18030
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:12:02Z
last_indexed 2023-02-26T07:12:02Z
recordtype dc
_version_ 1765996446388060160
score 17.13294