Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. (2) Menganalisis pengaruh peran guru terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. (3) Menganalisis pengaruh peran lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 4 di SDN Gugus Ahmad Yani Kecamatan Bonang Kabupaten Demak sebanyak 144 siswa, yang kemudian diperoleh sampel sebanyak 99 siswa yang diambil dari data populasi dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Penentuan jumlah sampel penelitian menggunakan rumus Slovin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode ex post facto. Ada 4 macam variabel yang dilibatkan dalam penelitian ini yang terdiri atas 3 (3) variabel bebas (independent variable) dan satu (1) variabel terikat (dependent variable). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa sebesar 31,2% dengan nilai korelasi sebesar 0,534. (2) Ada pengaruh yang signifikan peran guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 77,5% dengan nilai korelasi sebesar 0,880. (3) Ada pengaruh yang signifikan peran lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa sebesar 24,6% dengan nilai korelasi sebesar 0,496. Saran dari peneliti agar meningkatkan peran orang tua dan guru semaksimal mungkin untuk dapat membimbing dan mengarahkan agar anak lebih termotivasi dalam pendidikan mereka. Meningkatkan ketertarikan anak terhadap pendidikan dengan memberikan nuansa belajar yang nyaman, menarik dan menyenangkan agar hasil belajar siswa meningkat.