ctrlnum 14503
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/14503/</relation><title>Pengaruh peran orang tua, guru, dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di sd negeri kecamatan bonang kabupaten demak</title><creator>RUSTIANI, SANTI</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><subject>Aspek-aspek khusus pendidikan</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. (2) Menganalisis pengaruh peran guru terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. (3) Menganalisis pengaruh peran lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Kecamatan Bonang Kabupaten Demak.&#xD; Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 4 di SDN Gugus Ahmad Yani Kecamatan Bonang Kabupaten Demak sebanyak 144 siswa, yang kemudian diperoleh sampel sebanyak 99 siswa yang diambil dari data populasi dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Penentuan jumlah sampel penelitian menggunakan rumus Slovin.&#xD; Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode ex post facto. Ada 4 macam variabel yang dilibatkan dalam penelitian ini yang terdiri atas 3 (3) variabel bebas (independent variable) dan satu (1) variabel terikat (dependent variable).&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa sebesar 31,2% dengan nilai korelasi sebesar 0,534. (2) Ada pengaruh yang signifikan peran guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 77,5% dengan nilai korelasi sebesar 0,880. (3) Ada pengaruh yang signifikan peran lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa sebesar 24,6% dengan nilai korelasi sebesar 0,496. &#xD; Saran dari peneliti agar meningkatkan peran orang tua dan guru semaksimal mungkin untuk dapat membimbing dan mengarahkan agar anak lebih termotivasi dalam pendidikan mereka. Meningkatkan ketertarikan anak terhadap pendidikan dengan memberikan nuansa belajar yang nyaman, menarik dan menyenangkan agar hasil belajar siswa meningkat.</description><date>2021</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14503/1/1.%20HALAMAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14503/2/2.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14503/3/3.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14503/4/4.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14503/5/5.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14503/6/6.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14503/7/7.%20DAFTAR%20PUTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/14503/8/8.%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> RUSTIANI, SANTI (2021) Pengaruh peran orang tua, guru, dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di sd negeri kecamatan bonang kabupaten demak. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>14503</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RUSTIANI, SANTI
title Pengaruh peran orang tua, guru, dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di sd negeri kecamatan bonang kabupaten demak
publishDate 2021
topic Teori dan praktek pendidikan
Aspek-aspek khusus pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/14503/1/1.%20HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14503/2/2.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14503/3/3.%20BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14503/4/4.%20BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14503/5/5.%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14503/6/6.%20BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14503/7/7.%20DAFTAR%20PUTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14503/8/8.%20LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/14503/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. (2) Menganalisis pengaruh peran guru terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. (3) Menganalisis pengaruh peran lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 4 di SDN Gugus Ahmad Yani Kecamatan Bonang Kabupaten Demak sebanyak 144 siswa, yang kemudian diperoleh sampel sebanyak 99 siswa yang diambil dari data populasi dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Penentuan jumlah sampel penelitian menggunakan rumus Slovin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode ex post facto. Ada 4 macam variabel yang dilibatkan dalam penelitian ini yang terdiri atas 3 (3) variabel bebas (independent variable) dan satu (1) variabel terikat (dependent variable). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa sebesar 31,2% dengan nilai korelasi sebesar 0,534. (2) Ada pengaruh yang signifikan peran guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 77,5% dengan nilai korelasi sebesar 0,880. (3) Ada pengaruh yang signifikan peran lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa sebesar 24,6% dengan nilai korelasi sebesar 0,496. Saran dari peneliti agar meningkatkan peran orang tua dan guru semaksimal mungkin untuk dapat membimbing dan mengarahkan agar anak lebih termotivasi dalam pendidikan mereka. Meningkatkan ketertarikan anak terhadap pendidikan dengan memberikan nuansa belajar yang nyaman, menarik dan menyenangkan agar hasil belajar siswa meningkat.
id IOS3090.14503
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:10:27Z
last_indexed 2023-02-26T07:10:27Z
recordtype dc
_version_ 1765996428710117376
score 17.13294