Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini yakni rendahnya hasil belajar siswa yang dikarenakan konsentrasi siswa pada saat pembelajaran masih kurang serta guru masih kurang inovatif dalam menggunakan model pembelajaran dimana pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematikakelas IV melalui model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition berbantuan media magic cirkuit pada di SD 1 Prambatan Kidul Kudus. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan menggunakan rancangan model Kemmis dan Taggrat. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV SD 1 Prambatan Kidul yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Fokus penelitian ini adalah peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa dilihat dari tes evaluasi tes menunjukkan terdapat peningkatan. (1) Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase sebesar 86% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 93%. (2) Aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh persentase sebesar 81% kemudian pada siklus II meningkat 89%. (3) Nilai rata-rata hasil tes evaluasi siswa pada siklus I memperoleh 69 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 59%. Siklus II rata-rata hasil tes evaluasi siswa meningkat menjadi 77 dan memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Auditory Intelectually repetition dengan berbantuan media magic cirkuit dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Prambatan Kidul.