Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis penggunaan model pembelajaran PBLterhadap hasil belajar siswa pada materi Jarak, Waktu, dan kecepatan kelas V SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak, (2) menganalisis penggunaan model pembelajaranCTLterhadap hasil belajar siswa pada materi Jarak, Waktu, dan kecepatan kelas V SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak, (3) menganalisis perbedaan pengaruh penggunaan modelpembelajaran PBLdanCTLterhadap hasil belajar siswa pada materi Jarak, Waktu, dan kecepatan kelas V SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan tehnik penelitian melalui tes. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design,dimana SDN Sari 1 dikenakan model pembelajaran PBL sebagai kelas eksperimen 1 dan SDN Sari 2 dikenakan model pembelajaran CTL sebagai kelas eksperimen 2. Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar matematika pada kelas eksperimen pertama dan kelas eksperimen kedua digunakan uji-f dua pihak. Selanjutnya guna mengetahui hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika, menggunakan ketuntasan klasikal yang telah ditentukan Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran problem based leaningterhadap hasil belajar matematika, siswa mampu mencapai rata rata kelas sebesar 83 dan ketuntasan belajar 100%. Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learningsiswa mampu mencapai rata rata kelas sebesar 81,6 dan ketuntasan belajar 92%. Nilai f sat atau F hitung = 0,703 sedangkan f critical two-tail atau f tabel sebesar 0,471. Maka kesimpulan Ho pengaruh perlakuan kelas eksprimen diterima karena f hitung >f tabel yaitu 0,703 >0,471. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pada materi Jarak, Waktu, dan kecepatan kelas V SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak, oleh sebab ituguru perlu meningkatkan kualitasnya agar dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, serta menggunakan model pembelajaran yang tepat agar hasil belajar siswa meningkat.