ctrlnum 13930
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/13930/</relation><title>Pengaruh model pembelajaran pbl dan ctl terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas v sd gugus sultan agung kecamatan gajah kabupaten demak</title><creator>SETYANI, BUDI</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis penggunaan model pembelajaran PBLterhadap hasil belajar siswa pada materi Jarak, Waktu, dan kecepatan kelas V SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak, (2) menganalisis penggunaan model pembelajaranCTLterhadap hasil belajar siswa pada materi Jarak, Waktu, dan kecepatan kelas V SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak, (3) menganalisis perbedaan pengaruh penggunaan modelpembelajaran PBLdanCTLterhadap hasil belajar siswa pada materi Jarak, Waktu, dan kecepatan kelas V SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak.&#xD; Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan tehnik penelitian melalui tes. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design,dimana SDN Sari 1 dikenakan model pembelajaran PBL sebagai kelas eksperimen 1 dan SDN Sari 2 dikenakan model pembelajaran CTL sebagai kelas eksperimen 2. Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar matematika pada kelas eksperimen pertama dan kelas eksperimen kedua digunakan uji-f dua pihak. Selanjutnya guna mengetahui hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika, menggunakan ketuntasan klasikal yang telah ditentukan&#xD; Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran problem based leaningterhadap hasil belajar matematika, siswa mampu mencapai rata rata kelas sebesar 83 dan ketuntasan belajar 100%. Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learningsiswa mampu mencapai rata rata kelas sebesar 81,6 dan ketuntasan belajar 92%. Nilai f sat atau F hitung = 0,703 sedangkan f critical two-tail atau f tabel sebesar 0,471. Maka kesimpulan Ho pengaruh perlakuan kelas eksprimen diterima karena f hitung &gt;f tabel yaitu 0,703 &gt;0,471.&#xD; Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pada materi Jarak, Waktu, dan kecepatan kelas V SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak, oleh sebab ituguru perlu meningkatkan kualitasnya agar dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, serta menggunakan model pembelajaran yang tepat agar hasil belajar siswa meningkat.</description><date>2020</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13930/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13930/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13930/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13930/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13930/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13930/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13930/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13930/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/13930/9/SEMUA%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SETYANI, BUDI (2020) Pengaruh model pembelajaran pbl dan ctl terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas v sd gugus sultan agung kecamatan gajah kabupaten demak. Sarjana thesis, UMK. </identifier><recordID>13930</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SETYANI, BUDI
title Pengaruh model pembelajaran pbl dan ctl terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas v sd gugus sultan agung kecamatan gajah kabupaten demak
publishDate 2020
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/13930/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13930/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13930/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13930/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13930/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13930/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13930/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13930/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13930/9/SEMUA%20LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/13930/
contents Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis penggunaan model pembelajaran PBLterhadap hasil belajar siswa pada materi Jarak, Waktu, dan kecepatan kelas V SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak, (2) menganalisis penggunaan model pembelajaranCTLterhadap hasil belajar siswa pada materi Jarak, Waktu, dan kecepatan kelas V SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak, (3) menganalisis perbedaan pengaruh penggunaan modelpembelajaran PBLdanCTLterhadap hasil belajar siswa pada materi Jarak, Waktu, dan kecepatan kelas V SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan tehnik penelitian melalui tes. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design,dimana SDN Sari 1 dikenakan model pembelajaran PBL sebagai kelas eksperimen 1 dan SDN Sari 2 dikenakan model pembelajaran CTL sebagai kelas eksperimen 2. Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar matematika pada kelas eksperimen pertama dan kelas eksperimen kedua digunakan uji-f dua pihak. Selanjutnya guna mengetahui hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika, menggunakan ketuntasan klasikal yang telah ditentukan Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran problem based leaningterhadap hasil belajar matematika, siswa mampu mencapai rata rata kelas sebesar 83 dan ketuntasan belajar 100%. Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learningsiswa mampu mencapai rata rata kelas sebesar 81,6 dan ketuntasan belajar 92%. Nilai f sat atau F hitung = 0,703 sedangkan f critical two-tail atau f tabel sebesar 0,471. Maka kesimpulan Ho pengaruh perlakuan kelas eksprimen diterima karena f hitung >f tabel yaitu 0,703 >0,471. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pada materi Jarak, Waktu, dan kecepatan kelas V SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak, oleh sebab ituguru perlu meningkatkan kualitasnya agar dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, serta menggunakan model pembelajaran yang tepat agar hasil belajar siswa meningkat.
id IOS3090.13930
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:10:07Z
last_indexed 2023-02-26T07:10:07Z
recordtype dc
_version_ 1765996425477357568
score 17.13294