Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus; (2) menganalisis motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus; dan (3) menganalisis supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kolerasional dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas yang ditentukan adalah supervisi akademik kepala sekolah (X1) dan motivasi kerja guru (X2), sedangkan variabel terikat yang diamati adalah kinerja guru (Y). Penelitian dilakukan di 33 SD Negeri se-kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus dengan sampel sebanyak 181 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, analisis regresi linear parsial dan berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh positif sebesar 10,10% terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus; (2) motivasi kerja guru berpengaruh positif sebesar 37,40% terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus; dan (3) supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja guru berpengaruh positif sebesar 38,40% terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Saran penelitian ini adalah (1) hasil penelitian ini perlu dikembangkan melalui penelitian yang lebih mendalam tentang supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja guru berpengaruh terhadap kinerja guru; (2) bagi pihak peneliti, agar dapat menerapkan hasil penelitian di lingkungan kerja; (3) bagi kepala sekolah, agar dapat lebih mengintensifkan kegiatan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru; dan (4) bagi pihak guru, hendaknya dapat meningkatkan motivasi kerja dengan sadar terhadap tugas dan tanggung jawab sebagai pendidik profesional.