Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-banking, kepercayaan, kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri kantor cabang Kudus baik secara parsial maupun berganda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri kantor cabang Kudus yang menggunakan e-banking. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 136 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan analisis regresi, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) e-banking berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 5,736 dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05; dan koefisien regresi 0,190; (2) kepercayaan berbengaruh positif terhadap loyalitas nasabah. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 6,152 dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05; dan koefisien regresi 0,201; (3) kualitas pelayanan berbengaruh positif terhadap loyalitas nasabah. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 5,600 dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05; dan koefisien regresi 0,180; (4) nilai pelanggan berbengaruh positif terhadap loyalitas nasabah. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 8,003 dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05; dan koefisien regresi 0,382; dan (5) e-banking, kepercayaan, kualitas pelayanan dan nilai pelanggan secara berganda berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah. Hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 109,736 dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05.