Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru melalui model Think Talk Write berbantuan Papan Tempel Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDN Widorokandang Pati. Jenis penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian yaitu di kelas IV SDN Widorokandang Pati dengan subjek penelitian 20 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklusterdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model Think Talk Write berbantuan Papan Tempel. Sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar tema 8 daerah tempat tinggalku. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis yang digunakan adalah analisi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terjadi peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada tema 8 daerah tempat tinggalku. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 73,65% (Baik) dan pada siklus II 87,45% (Sangat Baik). Hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn kelas IV SDN Widorokandang Pati dengan persentase siswa siklus I dengan persentase 80% (Baik). siklus II meningkat dengan 90% (Sangat Baik). Hasil Aktivitas Belajar siswa pada siklus I 79,5% meningkat pada siklus II yaitu 84%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan di kelas IV SDN Widorokandang Pati, dapat disimpulkan bahwapenerapan model Think Talk Write berbantuan papan tempel dapat meningkatkan hasil belajar.