Penerapan model numbered head together (nht) berbantuan media lego untuk meningkatkan hasil belajar Siswa kelas iv sd 1 kirig
Main Author: | SURYANA, RICA FERISA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/12905/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/12905/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/12905/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/12905/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/12905/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/12905/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/12905/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/12905/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/12905/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran di kelas IV SD 1 Kirig, Mejobo, Kudus masih menggunakan metode ceramah dan diskusi, hal ini beralasan karena metode ceramah dan diskusi belum bisa bekerja dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Kirig dengan penerapan Numbered Head Together (NHT) berbantuan media lego, mendiskripsikan aktivitas belajar siswa, dan mendiskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran matematika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Kirig Mejobo Kudus dengan subjek peneliti sebagai guru dan 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah model NHT berbantuan media lego, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan mengajar guru dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Kirig. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar matematika pada aspek pengetahuan, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru. Pada pengetahuan diperoleh hasil rata-rata pada siklus I 77,5 (C) dan siklus II 84,16 (B). Pada aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I dengan memperoleh rata-rata 82,45 (B) menjadi 91,05 (A) siklus II. Pada keterampilan mengajar guru diperoleh rata-rata 77,5 (B) pada siklus I meningkat pada siklus II yaitu sebesar 86 (A). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media Lego dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada aspek pengetahuan dan aktivitas belajar di SD 1 Kirig dan keterampilan mengajar guru.