Daftar Isi:
  • Kosa kata sangatlahpentingsebelumbelajartentangbahasaInggris, karenakosa kata adalahkuncidarisiswa yang belajarbahasaInggrisuntukberkomunikasi.Banyaksiswa yang kesulitanuntukmenghafaldanmemahamikosa kata dalambahasaInggris.Olehkarenaitu, untukmembuatsiswadapatmengingatdanmemahamikosa kata dalambahasaInggris, penelitimengimplementasikan List-Group-Label (LGL) Strategy agar siswadapatmeningkatakanpemahamankosa kata bahasaInggrismereka. List Group Label (LGL) Strategy adalahsebuahstategi yang dapatmembuatsiswamengkreasikan kata-katanyasendiri, merekamencari kata-kata darikamusterkaittopik yang diberikan. Strategiinihampirsamadengan mind mapping. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanpenguasaankosa kata bahasaInggrisdarisiswakelastujuh MTS NurulHikmahBanyuuripPatipadatahunajaran 2018/2019 setelahdiajarkanmenggunakan List Group Label (LGL) Strategy. Penelitimenggunakan model penelitiantindakankelas yang terdiridarisiklus 1 dansiklus 2.Penelitimenentukansiswakelastujuhdari MTS NurulHikamahBanyuuripPatipadatahunajaran 2018/2019.Padapenelitianini, penelitimenggunakandua instrument, yaituobservasidantes. Hasildaripenelitianmenunjukanbahwaadapeningkatanpenguasaankosa kata darisiswa MTS NurulHikmahBanyuuripPatipadatahunajaran 2018/2019 setelahdiajarkanmenggunakanstategi List Group Label (LGL).Siswamenjadiaktifdikelasdanpenguasaankosa kata merekameningkat.Peningkatantersebutdapatdilihatdarinilai rata-rata tessiswa.Sebelumnya, nilai rata-rata siswaadalah 60.Kemudian, penelitimelakukansiklus 1 yang manameningkatmenjadi 71.Padasikluskedua, nilai rata-rata siswamenjadi 77.3.Artinya, adapeningkatanpenguasaankosa kata padasiswa, karena, nilai rata-ratanyadiatas KKM. Dari penelitianini,dapatdisimpulkanbahwaList Group Label (LGL) Strategy adalahstrategi yang baikuntukmengajardeskriptifteks, karena, adapeningkatanpemahamankosa kata darisiswa.Saran daripenelitianini, guru dapatmenggunakanstrategiiniuntukmeningkatkanpemahamankosa kata darisiswa.