Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model time token pada mata pelajaran PKn di SD Unggulan Muslimat NU Kudus. Model time token merupakan model pembelajaran kooperatif yang mengajarkan keterampilan sosial. Hasil belajar adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik untuk memantau perubahan atau peningkatan hasil belajar dalam bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis tindakan yakni meningkatnya keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn melalui penerapan model time token berbantuan media tekimo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V Ibnu Sina SD Unggulan Muslimat NU Kudus dengan subjek penelitian guru dan 33 siswa yang berlangsung dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas yakni model time token berbantuan media tekimo dan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PKn melalui model time token berbantuan media tekimo meningkat setiap siklusnya. Persentase keterampilan guru siklus I yakni 80,9% (baik), kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 90,7% (sangat baik). Persentase aktivitas belajar siklus I dengan persentase 71,3% (baik), siklus II meningkat menjadi 81,5% (sangat baik). Persentase hasil belajar yang terdiri dari ranah afektif pada siklus I persentase 70% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 82% (sangat baik). Persentase ranah psikomotorik pada siklus I persentase 70% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 82% (sangat baik). Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada prasiklus yakni 60,6% (cukup), kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I meningkat menjadi 81,8 (sangat baik), dan meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 87,8% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas V SD Unggulan Muslimat NU Kudus dapat disimpulkan bahwa model time token berbantuan media tekimo pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa.