ctrlnum 11268
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/11268/</relation><title>Penerapan model time token untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v pada mata pelajaran pknberbantuan media tekimo (teka-teki modelis) &#xD; Di sd unggulan muslimat nu kudus</title><creator>HIDAYATI, TRI FARUS</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model time token pada mata pelajaran PKn di SD Unggulan Muslimat NU Kudus. &#xD; Model time token merupakan model pembelajaran kooperatif yang mengajarkan keterampilan sosial. Hasil belajar adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik untuk memantau perubahan atau peningkatan hasil belajar dalam bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis tindakan yakni meningkatnya keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn melalui penerapan model time token berbantuan media tekimo.&#xD; Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V Ibnu Sina SD Unggulan Muslimat NU Kudus dengan subjek penelitian guru dan 33 siswa yang berlangsung dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas yakni model time token berbantuan media tekimo dan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PKn melalui model time token berbantuan media tekimo meningkat setiap siklusnya. Persentase keterampilan guru siklus I yakni 80,9% (baik), kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 90,7% (sangat baik). Persentase aktivitas belajar siklus I dengan persentase 71,3% (baik), siklus II meningkat menjadi 81,5% (sangat baik). Persentase hasil belajar yang terdiri dari ranah afektif pada siklus I persentase 70% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 82% (sangat baik). Persentase ranah psikomotorik pada siklus I persentase 70% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 82% (sangat baik). Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada prasiklus yakni 60,6% (cukup), kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I meningkat menjadi 81,8 (sangat baik), dan meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 87,8% (sangat baik).&#xD; Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas V SD Unggulan Muslimat NU Kudus dapat disimpulkan bahwa model time token berbantuan media tekimo pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa.</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11268/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11268/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11268/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11268/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11268/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11268/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11268/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11268/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11268/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> HIDAYATI, TRI FARUS (2019) Penerapan model time token untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v pada mata pelajaran pknberbantuan media tekimo (teka-teki modelis) Di sd unggulan muslimat nu kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>11268</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author HIDAYATI, TRI FARUS
title Penerapan model time token untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v pada mata pelajaran pknberbantuan media tekimo (teka-teki modelis) Di sd unggulan muslimat nu kudus
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/11268/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11268/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11268/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11268/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11268/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11268/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11268/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11268/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11268/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11268/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model time token pada mata pelajaran PKn di SD Unggulan Muslimat NU Kudus. Model time token merupakan model pembelajaran kooperatif yang mengajarkan keterampilan sosial. Hasil belajar adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik untuk memantau perubahan atau peningkatan hasil belajar dalam bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hipotesis tindakan yakni meningkatnya keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar PKn melalui penerapan model time token berbantuan media tekimo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V Ibnu Sina SD Unggulan Muslimat NU Kudus dengan subjek penelitian guru dan 33 siswa yang berlangsung dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas yakni model time token berbantuan media tekimo dan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PKn melalui model time token berbantuan media tekimo meningkat setiap siklusnya. Persentase keterampilan guru siklus I yakni 80,9% (baik), kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 90,7% (sangat baik). Persentase aktivitas belajar siklus I dengan persentase 71,3% (baik), siklus II meningkat menjadi 81,5% (sangat baik). Persentase hasil belajar yang terdiri dari ranah afektif pada siklus I persentase 70% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 82% (sangat baik). Persentase ranah psikomotorik pada siklus I persentase 70% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 82% (sangat baik). Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada prasiklus yakni 60,6% (cukup), kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I meningkat menjadi 81,8 (sangat baik), dan meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 87,8% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas V SD Unggulan Muslimat NU Kudus dapat disimpulkan bahwa model time token berbantuan media tekimo pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa.
id IOS3090.11268
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-09-02T22:13:47Z
last_indexed 2019-09-02T22:13:47Z
recordtype dc
_version_ 1765996412130033664
score 17.13294