ctrlnum 11252
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/11252/</relation><title>Penerapan model group investigation berbantuanmediapohon pintar untuk meningkatkan &#xD; Kreativitas siswa tema 5 pahlawanku&#xD; Kelas iv sd 2kedungdowo</title><creator>MUNA, NAILIL</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan kreativitas siswa melalui model pembelajaran Group Investigation berbantuan media pohon pintar materi pengamalan sila Pancasila pada pembelajaran PPKn sedang materi cerita nonfiksi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di tema 5 pahlawanku kelas IV SD 2 Kedungdowo.Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa pendapat, ide-ide yang menghasilkan nilai tambah. &#xD; Penelitian tindakan kelas ini diimplementasikan pada kelas IV SD 2 Kedungdowo dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kreativitas siswa, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Group Investigation dan media pohon pintar. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berupa soal uraian, pedoman wawancara, lembar pengamatan (observasi), dan dokumentasi.&#xD; Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas siswa (ranah kognitif) pada siklus I sebesar 75% untuk mata pelajaran PPKn sedangkan untuk mapel Bahasa Indonesia sebesar 81% terjadi peningkatan di siklus II sebesar 88% untuk mata pelajaran PPKn sedangkan untuk mapel Bahasa Indonesia sebesar 88%. Kreativitas siswa terjadi peningkatan yang signifikan antara siklus I sebesar 67,81% dengan kriteria baik mengalami peningkatan menjadi 80,57% dengan kriteria baik pada siklus II.&#xD; Produk kreativitas siswa juga terjadi peningkatan yang signifikan antara siklus I sebesar 69,13% dengan kriteria baik mengalami peningkatan menjadi 80,33% dengan kriteria baik pada siklus II. Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 77% dengan kategori baik mengalami peningkatan menjadi 85% dengan kategori sangat baik pada siklus II</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11252/1/Halaman%20Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11252/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11252/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11252/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11252/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11252/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11252/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11252/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/11252/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> MUNA, NAILIL (2019) Penerapan model group investigation berbantuanmediapohon pintar untuk meningkatkan Kreativitas siswa tema 5 pahlawanku Kelas iv sd 2kedungdowo. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>11252</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author MUNA, NAILIL
title Penerapan model group investigation berbantuanmediapohon pintar untuk meningkatkan Kreativitas siswa tema 5 pahlawanku Kelas iv sd 2kedungdowo
publishDate 2019
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/11252/1/Halaman%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11252/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11252/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11252/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11252/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11252/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11252/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11252/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11252/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/11252/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan kreativitas siswa melalui model pembelajaran Group Investigation berbantuan media pohon pintar materi pengamalan sila Pancasila pada pembelajaran PPKn sedang materi cerita nonfiksi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di tema 5 pahlawanku kelas IV SD 2 Kedungdowo.Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa pendapat, ide-ide yang menghasilkan nilai tambah. Penelitian tindakan kelas ini diimplementasikan pada kelas IV SD 2 Kedungdowo dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kreativitas siswa, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Group Investigation dan media pohon pintar. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berupa soal uraian, pedoman wawancara, lembar pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas siswa (ranah kognitif) pada siklus I sebesar 75% untuk mata pelajaran PPKn sedangkan untuk mapel Bahasa Indonesia sebesar 81% terjadi peningkatan di siklus II sebesar 88% untuk mata pelajaran PPKn sedangkan untuk mapel Bahasa Indonesia sebesar 88%. Kreativitas siswa terjadi peningkatan yang signifikan antara siklus I sebesar 67,81% dengan kriteria baik mengalami peningkatan menjadi 80,57% dengan kriteria baik pada siklus II. Produk kreativitas siswa juga terjadi peningkatan yang signifikan antara siklus I sebesar 69,13% dengan kriteria baik mengalami peningkatan menjadi 80,33% dengan kriteria baik pada siklus II. Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 77% dengan kategori baik mengalami peningkatan menjadi 85% dengan kategori sangat baik pada siklus II
id IOS3090.11252
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-09-02T22:13:47Z
last_indexed 2019-09-02T22:13:47Z
recordtype dc
_version_ 1765996411833286656
score 17.13294